Oleh: psikologi2009 | Juli 5, 2011

PSIKOLOGI: Kenapa Ada Orang Suka Menjelek-jelekkan dan Memfitnah Anda?

SEORANG sahabat bertanya kepada saya,”Kenapa sih saya punya tetangga suka menjelek-jelekkan dan memfitnah saya?”. Karena dia juga anggota dari akun FB saya, maka jawaban saya berikan dalam bentuk artikel ini.

Watak orang

Watak orang tebentuk dari kebiasaan-kebiasaan empiris. Terus-menerus dan tersimpan dalam alam bawah sadarnya. Kebiasaan terbentuk dari suasana internal maupun eksternal dari seseorang itu.

Pengaruh lingkungan

Di dalam salah satu makalah psikologi saya yang berjudul “Environtments Has More Effects than Heredity”, terurai bahwa, pengaruh lingkungan lebih dominan daripada pengaruh keturunan terhadap perkembangan watak seseorang. Mengubah kebiasaan yang telah menjelma menjadi watak, tidaklah mudah.

Kenapa suka menjelek-jelekkan?

Teori psikologi mengatakan bahwa, seseorang mempunyai kebiasaan menjelek-jelekkan seseorang karena beberapa faktor.

Antara lain

-Iri atau sirik (bukan syirik)

-Rendah diri

-Persaingan

-Pengidap psikopat

Iri atau sirik

Banyak orang, sadar atau tidak sadar, merasa tidak suka melihat kesuksesan orang lain. Baik sukses di bidang pendidikan, karir, ekonomi, politik atau kesuksesan orang lain. Karena dia tak mampu berbuat sama atau bahkan tak mampu berbuat lebih, maka satu-satu cara berkompensasi yaitu menjelek-jelekkan orang lain Dengan cara seperti itu, maka rasa irinya seolah-olah sudah tertutupi. Dia memperoleh kepuasan psikologis,walaupun keputusan psikologis yang semu.

Rendah diri

Ada juga karena faktor rendah diri. Misalnya dia orang miskin, selalu menjelek-jelekkan orang kaya dengan menuduh hasil korupsi ,suap,pungli dan semacamnya. Padahal, penilaiannya hanya berdasarkan dugaan-dugaan saja.

Persaingan

Faktor persaingan cukup banyak. Misalnya dalam hal persaingan mencari pacar, persaingan dalam bisnis, persaingan dalam politik, persaingan dalam karir dan persaingan dalam hal lain-lain.

Pengidap psikopat

Sikap suka menjelek-jelekkan orang lain juga dimiliki pengidap psikopat. Bahkan suka mengobral kebohongan-kebohongan tentang orang lain yang tidak disukainya. Kenapa tak disukai? Tak ada alasan yang jelas sebab dia punya sikap impulsif (tidak ada alasan yang rasional).Pada tingkat psikopat, bukan hanya menjelek-jelekkan yang dia lakukan, tetapi sudah memasuki wilayah fitnah.

Bagaimana menghadapi orang yang demikian

Tak perlu dipikirkan terlalu serius. Tidak ada obat yang bisa menyembuhkan dia. Satu-satunya cara, memberikan informasi yang benar kepada orang-orang sekeliling Anda dan sekeliling dia. Itupun kalau ada waktu senggang. Orang lainpun suatu saat akan menyadari bahwa dia memang wataknya seperti itu dan orang lain juga belum tentu percaya atas ucapan-ucapannya. Jadi, usahakan jangan sampau pikiran atau jiwa Anda terganggu. Cuek saja.

Bagaimana menyembuhkan orang yang demikian

Karena itu menyangkut aspek psikologis, menyangkut alam bawah sadar, maka jika dia mau berubah, bisa diajak ke seorang psikolog atau psikiater yang menguasai hipnoterapi.

Sumber foto: vilaputih.wordpress.com

Hariyanto Imadha

Facebooker/Blogger

About these ads

Responses

  1. Menghindari Perilaku Berbuat Syirik

  2. Saya tinggal di kos kosan trs ada teman satu kos dgn saya dia itu ketus bhs jawa nya senang cari masalah terhadap teman

  3. Psikolog

  4. Malam tadi saya habis melabrak orang yang suka menjelek jelekan saya,apakah tindakan saya itu benar?
    Sebenarnya saya hanya ingin tau kenapa dia jahat terhadap saya.eh ternyata tanggapan dia seperti tidak mau disalahkan dan makin nyolot.Akhirnya dia jadi mengelak ngelak semua bukti yang saya kasih ke dia kalau dia suka menjelek jelekan saya di belakang.dan dia terus balik menyalahkan saya dengan alasan yang tidak masuk akal.kira kira kenapa yah seseorang yang sudah kita labrak sikap nya menjadi seperti itu?
    Saya juga tanyakan ke sepupu saya tentang reaksi orang yang pernah dia labrak,dan setelah itu sikap orang yang dia labrak itu bagaimana?sepupu saya jawab ternyata memang sama,jadi mengelak,tidak mau mengaku dan semakin nyolot.
    Mohon penjelasanya,terima Kasih


Semua komentar otomatis akan dihapus

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 48 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: