Oleh: psikologi2009 | Juni 20, 2012

PSIKOLOGI : Beda Mengeluh, Mental Tidak Tangguh, Putus Asa dan Mental Sukses

MENGELUH adalah merupakan manifestasi ketidakpuasan atau ketidaknyamanan yang dialami seseorang. Pada saat sakit, orangpun mengeluh. Biaya kuliah yang mahal, orangpun mengeluh. Kemacetan lalu lintas, orangpun mengeluh. Punya presiden yang tidak tegas, orangpun mengeluh.

1.Mengeluh

Orang mengeluh karena antara harapan dan kenyataan tidak sama. Maka, orangpun mengeluh. Ada rasa ketidakpuasan yang dialami seseorang. Rasa kecewa yang terkadang cukup mendalam. Jadi, mengeluh sebenarnya merupakan salah satu ungkapan perasaan.

Cara berpikirnya : Pesimis-Optimis

 Contoh:

Si A mengeluh, betapa sulitnya mencari pekerjaan. Meskipun demikian, dia terbatas pada sikap mengeluh saja. Tiap hari Si B tetap berusaha mencari pekerjaan. Artinya, walaupun mengeluh, dia tetap punya harapan dan mau berusaha. Masih ada rasa optimisme. Jadi mengeluh adalah menyatakan susah (karena penderitaan, kesakitan, kekecewaan, dan sebagainya).

2.Mental yang tidak tangguh

Mengeluh berbeda dengan mental yang tidak tangguh. Mental tidak tangguh adalah mental yang mudah menyerah.

Cara berpikirnya : Optimis-Pesimis

Contoh:

Si B tiap hari mencari pekerjaan. Tiap kali gagal, diapun menyerah. Namun, pada hari yang lain, dia mencari pekerjaan lagi. Tetapi gagal lagi. Menyerah lagi. Begitulah seterusnya. Jadi sikapnya antara optimisme dan pesimisme.

3.Putus asa

Putus asa adalah sikap menyerah total. Merasa sama sekali tidak ada harapan. Merasa tidak ada solusi lagi. Semua jalan dianggap jalan buntu. Tak ada usaha sama sekali.

Cara berpikirnya: Pesimis-Pesimis.

Contoh:

Si C tiap hari mencari pekerjaan, tetapi gagal terus. Setelah satu bulan gagal terus, Si C pun putus asa. Dia mengalami stres. Bahkan bisa berkembang menjadi frustrasi ataupun bahkan bisa meningkat ke arah depresi. Putus asa juga diartikan sebagai  merasa tidak berdaya (al-‘ajzu), karena tidak yakin bisa, terus dilanda keresahan (al-hazan), dan takut (al-jubnu).

4.Mental yang tangguh

Yaitu sikap mental yang selalu optimis. Apapun yang dihadapi akan selalu dicari alternatif solusinya.  Selalu berpikir kreatif-inovatif. Selalu mencari terobosan. Sebesar apapun halangan, akan dihadapi dengan penuh perhitungan dan strategi. Langkahnya terus maju. Pantang menyerah. Tidak pernah takut gagal. Punya mental sukses.

Cara berpikirnya: Optimis-Optimis

5. 50 sifat mental sukses

Baca di:
http://dunia-panas.blogspot.com/2011/12/50-sifat-mental-sukses-dan-kebiasaan.html

Semoga bermanfaat.

Hariyanto Imadha
Pengamat Perilaku
Sejak 1973
About these ads

Semua komentar otomatis akan dihapus

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 45 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: