Oleh: psikologi2009 | Maret 18, 2011

PSIKOLOGI: Beda Sakit Syaraf Sakit Jiwa dan Sakit Gila

DARI komen-komen di Facebook saya bisa mengambil kesimpulan bahwa masyarakat Indonesia masih banya yang tidak bisa membedakan pengertian istilah sakit syaraf, sakit jiwa dan sakit gila. Ketiga istilah itu dianggap sama artinya dan sering tak mampu membedakannya.

Sakit syaraf

Sakit syaraf adalah sakit yang berhubungan dengan urat syaraf di sekujur tubuh manusia, bisa sakit syaraf ringan, sakit syaraf sedang atau sakit syaraf akut. Misalnya, syaraf otak, syaraf kaki dan syaraf-syaraf lainnya. Belum tentu orang yang menderita sakit syaraf pasti sakit jiwa atau sakit jiwa. Bahkan boleh dikatakan penderita sakit syaraf bukanlah penderita sakit jiwa atau sakit gila. Jadi, sakit syaraf lebih bersifat fisik. Untuk mengetahui apakah seseorang mengalami sakit syaraf atau tidak, bisa melalui pemeriksaan secara fisik dan medis.

Sakit jiwa

Yaitu penyakit yang menyerang kejiwaan seseorang. Sebagian besar mempengaruhi tingkah laku pemikiran maupun tingkah laku kejiwaannya. Biasanya mempunyai sesuatu tingkah laku yang menyimpang dari biasanya, tidak normal, aneh, sulit diterima akal. Kelihatannya, secara fisik normal-normal saja, tetapi sesungguhnya sakit jiwa. Ada sakit jiwa ringan, sedang dan akut. Sifatnya lebih psikologis atau psikis. Untuk menilai apakah seseorang menderita sakit jiwa atau tidak, membutuhkan waktu yang cukup lama, yaitu melalui wawancara, observasi dan pemeriksaan secara khusus.

Sakit gila

Merupakan perilaku yang berlebihan dan seringkali tak terkontrol oleh pemikiran-pemikiran dan tidak bisa dipahami secara rasional. Misalnya, tertawa sendiri, menyanyi sendiri, berpidato sendiri dengan kata-kata yang tak sistematis, berpakaian aneh ataupun berperilaku aneh. Sakit gila merupakan kelanjutan dari penyakit jiwa yang akut dan untuk menjadi gila membutuhkan waktu lama, tidak bisa seketika.

Semoga bermanfaat

Sumber gambar : elikus.wordpress.com

Hariyanto Imadha

Pengamat perilaku

Sejak 1973

Iklan

Responses

  1. a

  2. manusia gila itu adalah tidak waras.

  3. Gif


Semua komentar otomatis akan dihapus

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: