Oleh: psikologi2009 | Agustus 7, 2011

PSIKOLOGI: IPK Tinggi Belum Tentu IQ Tinggi

DI Facebook saya pernah membuat artikel tentang beda pandai, cerdas dan jenius. Mungkin tulisan saya tidak disimpan di otak, sehingga masih ada anggota Facebook yang bertanya kepada saya “Lho, kok ada tiga mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah terlibat terorisme? Padahal mereka mahasiswa. Bahkan salah satunya punya IPK tinggi, lebih dari 3?”.

Nah! Ini merupakan kesalahan berlogika akibat minimnya ilmu pngetahuan yang dimiliki (science logic error). IPK tinggi itu karena melalui proses belajar. Kalau rajin belajar dan daya ingatnya kuat dijamin dapat IPK tinggi. Ini berlaku untuk semua orang.

Tetapi, IPK tinggi belum tentu IQ tinggi. IQ tinggi itu karena faktor “heritage”. Faktor genetika (tapi bukan faktor keturunan). Artinya, walaupun mahasiswa UIN tersebut IPK tinggi, belum tentu dia mampu berpikir secara jenius. Sebaliknya, mereka yang IQ tinggi belum tentu memiliki IPK tinggi, sebab IPK tinggi diperoleh melalui proses belajar yang optimal.

Orang yang jenius pasti tahu apa sih untung ruginya menjadi teroris? Orang yang jenius tentu tahu apa arti jihad yang sesungguhnya. Orang yang IQ-nya tinggi pasti tahu kalau Islam itu agama yang cinta damai, bukan agama kekerasan dan bukan agama terorisme.

Jadi, jangan Anda beranggapan bahwa mahasiswa atau sarjana (S-1,S-2 dan S-3) yang IPK-nya tinggi otomatis dia mampu berlogika dengan benar. Bahkan di facebook ini pernah saya katakan, profesor yang goblok juga banyak. Artinya, walaupun punya gelar profesor, belum tentu dia mampu berlogika dengan benar.

Jadi, mahasiswa dengan IPK tinggi, belum tentu IQ-nya tinggi. Dia hanya pandai di bidang ilmunya saja. Walaupun mahasiswa tersebut kuliah di universitas bernafaskan Islam, belum tentu pemahamannya tentang agama Islam sudah sempurna. Nah, walaupun IPK tinggi, karena IQ rendah, bisa saja mereka yang berstatus mahasiswa akan terjebak pada doktrin terorisme.

Hariyanto Imadha

Pengamat Perilaku

Sejak 1973

Iklan

Semua komentar otomatis akan dihapus

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: