Oleh: psikologi2009 | Agustus 26, 2011

PSIKOLOGI: Mengenali 10 Tipe Lawan Bicara Anda

ANDA tiap hari pasti berinteraksi dengan orang lain. Tentu, ada yang baik ada yang buruk. Ada yang menyenangkan dan ada yang menyebalkan.Proses interaksi antarmanusia cenderung mencari keseimbangan dan kecocokan.

Mungkin perlu juga Anda mengenali beberapa lawan bicara Anda yang tergolong negatif, karena dengan demikian Anda bisa mengambil sikap berhati-hati.

10 Tipe Lawan Bicara Anda

1.Tipe Split Mirror

Orang yang termasuk tipe ini yaitu yang suka atau sering membicarakan kekurangan, kelemahan atau keburukan orang lain. Orang tipe seperti ini biasanya tak pernah berani mengakui kekurangan, kelemahan atau keburukan diri sendiri. Dengan menceritakan segi negatif orang lain, sebenarnya dia ingin membangun citra bahwa dia tak seperti orang lain yang diceritakannya.

Logikanya, kalau dia bisa menceritakan segi negatif orang lain kepada Anda, bukan tak mungkin suatu saat nanti dia juga akan menceritakan segi negatif Anda kepada orang lain.

2.Tipe Mirage

Orang yang termasuk tipe ini biasanya selalu menceritakan kesuksesan-kesuksesan yang tidak pernah ada buktinya. Selalu bicara tentang rencana-rencana yang tak pernah ada realitanya. Selalu menebar janji bahwa dia sanggup membantu Anda padahal dia tidak punya pengalaman untuk itu. Apa yang dibicarakan mungkin kesuksesan, tetapi kesuksesan masa lalu yang sudah lenyap.

Logikanya, orang tipe demikian biasanya ingin dianggap sukses dan menutupi kegagalan atau ketidakmampuannya baik di masa lalu atau masa sekarang.

3.Tipe Fire Tongue

Orang tipe ini suka sekali mengeluarkan kata-kata atau kalimat-kalimat yang menyakitkan hati orang lain. Misalnya, mencaci maki, menghina, membodoh-bodohkan orang lain, mencerca dan semacamnya. Karena dengan demikian dia merasa puas seakan-akan orang lain juga merasakan beban hidup dan beban batinnya.

Logikanya, orang seperti ini sedang mengalami tekanan jiwa stres, frustrasi atau depresi.

4.Tipe Stork Bird

Orang tipe ini selalu berusaha menutup-nutupi kesalahannya padahal orang lain tak pernah memintanya untuk menceritakannya. Misalnya, kekayaannya adalah hasil krupsi, tetapi selalu bercerita baru dapat warisan dari orang tuanya, dari pamannya dari si Anu, dapat hadiah dari bank Anu, dan semacamnya.

Logikanya, orang seperti ini sangat takut sekali kekurangan-kekurangannya diketahui orang lain. Oleh karena itu selalu berusaha menyembunyikan segi-segi negatifnya yang mungkin akan diketahui orang lain.

5.Tipe Soybean

Yaitu orang yang punya kebiasaan sangat mudah mengumbar janji, tetapi dengan mudah mengingkarinya. Semakin mudah berjanji, semakin pasti dia ingkar. Dan jika ingkar janji tak pernah melakukan konfirmasi ataupun permintaan maaf seolah-olah itu hal yang biasa saja. Tetapi manakala orang lain ingkar janji dengan dia, maka dia marah sekali.

Logikanya, orang demikian memang punya watak munafik dan tak konsekuen. Tidak cocok untuk dijadikan rekan bisnis atau kerjasama di dalam suatu tim atau organisasi.

6.Tipe Empty Vat

Orang dengan tipe-tipe ini biasanya cuma bicara kulit-kulitnya saja, tetapi isinya tidak ada. Suka pamer gelar, suka bicara muluk tetapi realisasinya tidak ada.Suka menggurui, suka pamer, membanggakan diri sendiri ataupun orang lain.

Logikanya, orang yang demikian sebenarnya melakukan teori kompensasi untuk menutupi kegagalan masa lalunya. Dengan demikian dia berharap orang lain akan punya kesan bahwa sebenarnya diapun bisa sukses. Padahal kenyataannya tidak demikian.

7.Tipe Long Nose

Orang tipe sok atau snob sangat banyak jumlahnya. Mulai dari sok pintar, sok kaya, sok tahu, sok kuat, sok mengerti, sok suci, sok gengsi dan sok-sok lainnya. Bicaranya seperti antara langit dan bumi.

Logikanya, dia hidup di alam khayalan dan imajinasinya. Dengan mengatakan hal-hal yang indah, seolah-olah dia sudah melakukannya. Dia hidup dalam dunia ilusi.

8.Tipe Faucet

Orang yang bertipe ini selalu bercerita kepada orang lain tentang suatu masalah yang menyangkut hanya tentang dirinya. Di manapun dan kapanpun dia selalu curhat. Ada semacam tekanan batin yang mengganggu intrapribadinya kalau masalah yang dialami hanya dipendam saja.

Logikanya, orang yang selalu curhat adalah orang yang tidak mampu mandiri alias kurang pede. Dia selalu meminta perhatian orang lain, masukan dari orang lain, dukungan orang lain dan bahkan kalau bisa orang lain yang memecahkan masalahnya.

9.Tipe Rumpled Yarn

Orang yang punya tipe ini bicaranya berbelit-belit, tidak jelas dan tidak tegas. Tidak ada penalaran atau argumentasi yang mendukung ucapan-ucapannya.

 

Logikanya, dia termasuk orang yang punya banyak masalah tapi tak pernah bisa menyelesaikannya walaupun sudah mendapatkan saran-saran dari orang lain.

10.Tipe Gecko

Orang yang punya tipe ini biasanya tak pernah memperhatikan kepentingan orang lain, tak pernah memuji orang lain. Sikapnya masa bodoh erhadap orang lain. Tak pernah mencoba akrab dengan orang lain. Tetapi manakala kepentingannya terganggu, dia marah. Atau, ketika dia ada masalah, dia baru melakukan pendekatan ke orang lain. Baik kepada orang lain hanya kalau lagi butuh saja.

 

Sebenarnya lawan bicara Anda yang baik juga ada. Tapi biasanya tak ada gunanya membicarakan yang baik-baik dari orang lain karena itu tidak merugikan Anda. Justru ada baiknya Anda mengetahui tipe-tipe lawan bicara Anda yang buruk supaya Anda bisa mengambil ancang-ancang untuk menyikapinya dengan arif dan bijaksana.

 

Hariyanto Imadha

Pengamat Tingkah Laku

Sejak 1973

Iklan

Responses

  1. Kok tipenya buruk semua ya 😁

  2. Bagaimana dengan orang yg selalu menceritakan dirinya, pasangannya, dan keluarganya… Terkadang membuat perbandingan kalau suami kamu gimana, kalau suami saya bla bla…. Dan terlalu sering membicarakan suami nya pun untuk hal yg ga penting atau selalu dikaitkan dgn suaminya


Semua komentar otomatis akan dihapus

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: