Oleh: psikologi2009 | Agustus 27, 2011

PSIKOLOGI: Puasa Tidak Bisa Mengubah Watak Seseorang

Pengantar

Mohon tulisan ini dibaca dengan teliti.Jika tidak, Anda akan salah mengambil kesimpulan.Apalagi kalau Anda tidak faham psikologi dan ilmu filsafat. Tujuan artikel inipun bukan unttuk mendeskredikat agama Islam ataupun ummat Islam, melainkan memberikan pencerahan tentang proses perubahan watak yang sesungguhnya dari suatu psikologi dan ilmu filsafat.

Puasa

Tujuan puasa yaitu mencapai ketakwaan atau la’allakum tattaqun. Jadi, tujuan puasa bukanlah sekadar menahan lapar atau dahaga. Takwa artinya menjauhi segala larangan Tuhan dengan cara takut kepada Allah s.w.t. Esensi puasa adalah pengendalian diri (self control). Artinya,tujuan puasa bukan mengubah watak. Bahkan puasa tidak bisa mengubah watak.

 

Banyak teori psikologi yang bisa kita baca.

Antara lain karya George Kelly yang terkenal dengan teori psikologi fisilogikal Gordon Allport yang terkenal dengan teori psikofisik atau keunikan individu ,Sigmund Freud yang terkenal dengan Teori Psikoanalisanya, Alfred Adler dengan teori psikologi individu, atau Francis Galton dengan Teori Psikologi Diferential.dll.

Perilaku (Behaviour)

Perilaku atau tingkah laku atau behaviour adalah gerakan fisik yang bisa dilihat dan bersifat konkrit.Misalnya, perbuatan tak sopan, ugal-ugalan,sopan santun.Tingkah laku bisa diubah seketika.bahkan bisa dibuat-buat (artifisial)

Watak.(Character)

Sifat yang melekat pada seseorang dan biasanya bersifat semi-permanen dan bersifat nonfisik..Misalnya, pemarah, mudah tersinggung, teliti,cerdas.Contoh pada benda:api bersifat panas (abstrak), es bersifat dingin (abstrak).Untuk mengubah watak perlu waktu yang lama.Sebab, watak terbentuk melalui proses pertumbuhan sejak lahir hingga kini dan merupakan sifat melekat akibat pengaruh internal dan eksternal.

Kepribadian (Personality)

Menggambarkan pribadi seutuhnya.Misalnya, anggun, wibawa,pemalu,dll.Lebih bersifat manifestasi dari penampilan.

Contoh benda:Rumah mewah, baju bagus,dasi perlente,dll.

Niat (Intend)

Keinginan,motivasi-diri yang kuat.Misalnya:ingin makan,ingin minum,ingin mengubah watak, ingin berpuasa, dll. Lebih bersifat planning.

Kemauan (Willingness)

Yaitu suatu proses untuk merealisasikan niat.Misalnya, bangkit untuk mengambil makanan,minuman,dll.Lebih bersifat excecution atau action.

Kesimpulan umum

Bisakah minum tanpa niat dan kemauan untuk minum? Tidak bisa.Bisakah kita mengubah watak tanpa niat dan kemauan? Tidak bisa. Apa yang kita lakukan dasarnya adalah niat (planning) dan kemauan (action).Sedangkan puasa sifatnya pengendalian (controlling). Jadi, puasa tidak mungkin bisa mengubah watak kalau tidak diserta niat ( planning) dan kemauan (action). Sudah jelas bahwa tujuan berpuasa adalah ketakwaan atau la’ allakum tattaqun. Bukan bertujuan mengubah watak.

Boleh saja puasa merupakan latihan untuk mengubah watak.

Namun tanpa niat dan kemauan ataupun motivasi-diri yang keras, maka puasa tak bisa merubah watak karena yang bisa merubah watak adalah niat (intend) dan kemauan (willingness) manusia itu sendiri. Bukan karena puasanya.

Pembuktian:

1.Johnny Indo (mantan perampok toko emas) bisa berubah menjadi ustadz bukan karena berpuasa 1.000 hari, tetapi karena NIAT dan KEMAUAN.Merubah watak bisa kapan saja.Tidak ada momentum khusus.Tidak perlu harus bulan Ramadhan.

2.Jeffry al Buchori, (mantan pecandu narkoba) bisa berubah menjadi ustadz bukan karena puasa 1.000 bulan, tetapi karena NIAT dan KEMAUAN. Merubah watak bisa kapan saja.Tidak ada momentum khusus.Tidak perlu harus bulan Ramadhan

Kesimpulan khusus:

1.Menurut hasil pengamatan saya, banyak orang mencampuradukkan pengertian tingkah laku, watak dan kepribadian.Hal ini karena mereka tak memahami psikologi dan ilmu filsafat.

2.Jadi, yang bisa mengubah perilaku, kepribadian maupun watak seseorang adalah adanya motivasi-diri yang kuat.

 

Hariyanto Imadha

Pengamat Perilaku

Sejak 1973

 

Iklan

Semua komentar otomatis akan dihapus

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: