Oleh: psikologi2009 | November 19, 2011

PSIKOLOGI: Masih Banyak Orang Indonesia yang Gila Gelar

BANYAK orang tidak menyadari bahwa dia berkepribadian narsis. Yaitu sebuah pribadi yang suka menghargai diri sendiri, bahkan secara berlebihan. Tindakannya cenderung bersikap MPO (Mencari Perhatian Orang). Tanpa disadari dirinya juga haus pujian, ingin dianggap hebat, ingin dianggap pintar, ingin dianggap lebih super daripada orang lain. Padahal, dia tak pernah membuat artikel apapun di media massa.

Gelar sarjana bisa dibeli

Sudah menjadi rahasia umum bahwa di Indonesia banyak PTS (Perguruan Tinggi Swasta) yang menjual gelar. Kuliahnya basa-basi. Seminarnya basa-basi. Membuat makalah dan skripsinya basa-basi.Semuanya basa-basi.Hanya formalitas saja. Yang penting membayar SPP dan biaya-biaya lain. Dijamin lulus.

Harga gelar sarjana

Di Jakarta, gelar S-1 sekitar Rp 8 juta hingga Rp 9 juta.Gelar S-2 sekitar Rp 10 juta hingga Rp 11 juta. Gelar S-3 sekitar Rp 12 juta hingga Rp 13 juta. Ada yang lebih murah dan ada yang lebih mahal.

Gila gelar sarjana

Karena sikap narsisnya, maka tak jarang kita menemukan orang yang memakai beberapa gelar sarjana sekaligus. Misalnya SH,MH atau SE,MM, Ssos,MHum dan lain-lain. Bahkan ada yang semua gelarnya dipakai. Misalnya: SH,SE,Ssos,MH,MM,MHum.

Tidak pernah membuat artikel

Namun pengamatan saya, 99% sarjana yang suka pamer gelar, ternyata tidak pernah membuat artikel di media massa. Bahkan di Facebookpun tidak. Jadi, gelarnya sih sarjana, tetapi perilakunya tidak mencerminkan kesarjanaannya. Maunya ingin menunjukkan kepandaian, tetapi hanya kepandaian ilusi saja. Merasa pandai, tetapi tidak pandai. Orang yang pandai selalu mengamalkan ilmunya.

Etika memakai gelar sarjana

1.Gelar sarjana layak dipakai apabila ada kaitan dengan profesi.Misalnya dokter, notaris,pengacara,hakim,arsitek,dll.

2.Gelar sarjana layak dipakai apabila untuk kegiatan-kegiatan ilmiah. Misalnya, diskusi atau seminar ilmiah, membuar artikel ilmiah dan kegiatan ilmiah lainnya dan memakai gelar yang relevan.Misalnya, seorang dokter yang bergelar dr,SH, maka cukup memakai gelar “dr” saja.

3.Gelar sarjana yang dipakai adalah gelar yang tertinggi. Misalnya, jika gelarnya SH,MH maka yang dipakai cukup MH saja.

Narsis

Pada dasarnya, di Indonesia masih banyak orang yang berkepribadian narsis. Kemana-mana memakai semua gelarnya. Suka memuji diri sendiri dan ingin dipuji orang lain. Bahkan sampai meninggalpun gelarnya ditulis di nisan. Padahal, malaikat tidak mengurusi gelar.

Lulusan darimana sih?

Orang yang cerdas tentu tidak melihat gelar sarjananya, tetapi dilihat darimana gelar itu diperoleh. Kalau dari PTS gurem, tentu mereka akan tertawa di dalam hati dan sekaligus merasa kasihan terhadap sarjana yang gila gelar itu.

 Lulusnya tidak cumlaude

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang suka pamer gelar sarjana, 99% lulusnya ternyata tidak cumlaude.

Filsafat padi dan air terjun

Sarjana yang bermutu biasanya menganut filsaafat padi atau filsafat air terjun

-Filsafat padi: Semakin banyak ilmu yang dimiliki, semakin malu memakai gelar sarjana.

-Filsafat air terjun: Semakin banyak ilmu, semakin berkewajiban mengamalkan ilmunya untuk orang lain.

Semoga artikel ini bisa memperluas cakrawala pemikiran Anda

 

Sumber foto: embikeriting.wordpress.com

 

Hariyanto Imadha

Pengamat perilaku

Sejak 1973

Iklan

Responses

  1. okesip! Mantap mas bos

  2. Mantap bos, jadi sebagai renungan hidup kita.

  3. apalagi yang pns, yang penting sambil kuliah , ntar lulus dpt gelar tp sambil kuliah sogok pakai uang, dah dpt gelar sarjana malah gk tau bekerja, banyak pns kayak gitu jaman sekarang


Semua komentar otomatis akan dihapus

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: