Oleh: psikologi2009 | Januari 8, 2012

PSIKOLOGI: Berpikir Kreatif Menjelang Tidur Malam


KEBANYAKAN, sebelum tidur malam pikiran kita melayang ke mana-mana. Melamun atau menghayal tanpa tujuan yang jelas. Atau mengingat kejadian-kejadian hari ini. Atau, membayangkan hal-hal yang akan terjadi besok. Atau bahkan bernostalgia tentang masa lalu yan sudah berlalu lama sekali. Tentu, semua pikiran-pikiran itu tak menghasilkan apa-apa.

Kenapa harus menjelang tidur malam?
Menjelang tidur malam adalah merupakan tahap istirahat di mana kerja otak tak seberat siang hari di mana otak harus berbagi mengatur gerakan-gerakan tubuh untuk bekerja dan mengatur proses berpikir sekaligus. Sedangkan menjelang tidur malam, otak tak dibebani untuk memanajemeni gerakan-gerakan tubuh atau fisik . Dengan kata lain, daya otak cukup besar dan bisa dikonsentrasikan untuk berpikir kreatif.

Bukankah menjelang tidur kita dikuasai rasa kantuk?
Betul.Tetapi,maksud artikel ini tidak pada tahapan mengantuk. Tapi tahapan ketika baru saja merebahkan tubuh di tempat tidur. Yaitu pada tahapan istirahat malam menjelang tidur.

Manfaat berpikir kreatif menjelang tidur
Padahal, sebenarnya, banyak hal baru yang akan kita temukan apabila kita berpikir kreatif menjelang tidur. Atau, kita akan menemukan sebuah solusi dari masalah yang kita hadapi. Atau, kita akan mendapatkan inspirasi baru tentang sebuah bisnis yang sangat menguntungkan. Atau…..lainnya yang sangat bermanfaat.

Cara memulai berpikir kreatif menjelang tidur
Tentu, tergantung tjuan kita masing-masing. Kalauu misalnya punya masalah, cobalah umbar pikiran Anda untuk mencari alternatif solusi sebanyak-banyaknya. Pilih satu dua alternatif solusi yang menguntungkan atau bisa Anda lakukan secara nyata.

Inspirasi bisnis
Atau, carilah alternatif bisnis yang kira-kira sesuai dengan kemampuan Anda. Pikirkan bisnis-bisnis orang lain. Pikirkan apa yang disukai orang banyak. Berapakah modal yang harus Anda butuhkan. Bagaimana cara Anda mengelolanya. Di manakah lokasinya. Anda akan menyewa ruko atau usaha di rumah sendiri. Terus, gali terus pikiran-piliran kreatif Anda. Hingga saatnya Anda akan menemukan sebuah alternatif bisnis yang tepat untuk Anda.

Sumber inovasi
Jika Anda seorang yang suka membuat sesuatu produk, coba bayangkan apa yang jadi masalah yang dihadapi tiap orang. Misalnya, banyak orang naik bus TransJakarta busway yang berdiri. bayangkan sebuah kursi lipat super mini yang bisa diduduki sambil berdiri. Atau, bayangkan sebuah payung yang bisa dipakai dua orang, misalnya berpentuk empat persegi panjang. Bayangkan kalau Anda pergi ke kota lain, kemudian Anda membawa sepeda lipat super mini ciptaan Anda sehingga di kota tempat tujuan tak perlu banyak keluar uang untuk ojek ataupun becak. Carilah masalah yang dihadapi orang lain. Kemudian bayangkan produk baru yang bisa memberikan solusi. Syaratnya, produk inovasi belum pernah ada. Atau, produk itu sudah ada, tetapi Anda modifikasi.

Gali masalah diri sendiri
Tentu Anda pasti punya masalah. Mungkin tentang penyakit Anda. Nah, bagaimana cara Anda mencegah supaya penyakit Anda tidak semakin parah? Atau bagaimana cara Anda tidak ketularan penyakit di angkot, misalnya harus memakai masker atau saputangan penutup hidung. Atau Anda punya masalah banyak kerjaan di rumah padahal Anda tidak punya pembantu rumah tangga, cari solusi supaya Anda bisa mengerjakan pekeraan-pekerjaan rumah secara praktis dan cepat.

Nah, mulai hari ini. Biasakanlah Anda berpikir kreatif menjelang tidur, terutama tidur malam. Segera temukan ide-ide baru. Buatlah secepatnya agar ide-ide itu menjadi sebuah kenyataan dan jangan Anda tunda-tunda lagi.

Akhirnya Anda akan melihat, tiap hari selalu ada hal yang baru. Setiap hari selalu ada temuan baru. Tiap hari selalu ada solusi baru. Tiap hari selalu ada produk-produk inovatif yang baru.

Dari sudut psikologi,hidup Anda akan menjadi semakin bermanfaat dan menyenangkan.

Hariyanto Imadha
Facebooker/Blogger

Iklan

Semua komentar otomatis akan dihapus

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: