Oleh: psikologi2009 | Januari 15, 2012

PSIKOLOGI: Memuji Orang Lain Bisa Mengurangi Stress


TIAP orang bisa dan pernah stress. Penyebab stress banyak. Cara mengatasi stress juga banyak. Yang pasti, rasa stress membuat hidup menjadi tidak nyaman. Orang bisa emosional. Bisa marah-marah. Bahkan bisa menjadi pemurung. Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Kenapa orang bisa stress?
Seperti yang saya katakan di atas, penyebab stress cukup banyak. Namun secara umum, orang bisa stress karena tidak bisa menerima kenyataan. Tak bisa menerima realita. Tak bisa menerima fakta. Karena antara harapan dan keinginan tak sesuai dengam kenyataan yang terjadi.

Tiap orang suka dipuji
Adalah merupakan sifat yang sangat manusiawi bahwa tiap orang suka dipuji. Oleh karena itu, sikap memuji orang lain merupakan perbuatan yang menyenangkan. Namun, sikap suka memuji yang terlalu sering atau berlebihan, justru bisa meniumbulkan dampak negatif, sebab orang yang biasa memuji biasanya punya pamrih.

Memuji orang lain bisa mengurangi stress
Orang lain itu ibarat sebuah cermin. Apabila Anda memuji orang lain, maka orang lain akan merasa senang. Dan jika orang lain senang, maka Andapun akan merasa senang. Jika Anda merasa senang, maka rasa stresspun akan berkurang. Ibarat seorang pelawak, apabila lawakannya ditertawakan orang, berarti orang lain senang. Jika orang lain senang, pelawakpun merasa senang.

Mana mungkin orang stress bisa memuji orang lain?
Memuji atau tidak memuji tidak tergantung stress atau tidak stress. Orang yang tidak stress juga bisa memuji kalau ada kemauan untuk memuji. kalau tidak ada kemauan, orangpun tak bisa memuji. Demikian pula orang yang stress, jika ada kemauan untuk memuji, maka diapun bisa memuji orang lain.

Memuji saja belum cukup
Namun, memuji orang lain saja tidak cukup. Seseorang harus belajar menerima kenyataan. Misalnya, jalanan macet sehingga Anda merasa stress. Ya, apa boleh buat. Walaupun Anda berteriak-teriak histeris, jalanan tetap macet. Oleh karena itu kenyataan itu kita terima saja apa adanya. Mungkin kita bisa mengurangi stress itu dengan cara mendengarkan musik melalui ponsel, radio di mobil atau melalui media musik lainnya.

Memuji,menerima kenyataan dan bercanda
Lebih lengkap lagi, di samping kita memuji orang lain, menerima kenyataan, mendengarkan musik, kita juga bercanda. Dengan bercandapun kita bisa mengurangi rasa stress kita.

Semoga bermanfaat

Hariyanto Imadha
Facebooker/Blogger

Iklan

Semua komentar otomatis akan dihapus

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: