Oleh: psikologi2009 | Februari 2, 2012

PSIKOLOGI: Nikmatnya Bersikap Take It Easy

ADA orang yang selalu bermasalah.Soalnya, semua hal memang dipandang masalah. Sampai-sampai hal yang kecil juga dianggap masalah. Tentu, isi otaknya masalah melulu.Artinya, orang yang demikian punya pendapat bahwa masalah yang dihadapi tidak pernah selesai-selesai.Cara berpikir demikian disebut “Take It Heavy”

Sebaiknya cara berpikir “Take It Easy” memandang semua hal memang masalah, tapi jangan dipermasalahkan. Dengan demikian orang yang demikian isi otaknya adalah masalah-masalah yang sudah dibersihkan.Artinya, orang yang demikian punya pendapat bahwa semua masalah bisa diselesaikan. Cara berpikir demikian disebut “Take It easy”

Contoh Take It Heavy
Pada akhir 2007 dan awal 2008, terjadi banjir besar di Bojonegoro. Bahkan dalam kota juga kebanjiran.Ada yang merasa kehilangan uang dan perhiasan sampai ratusan juta rupiah.Dipikir,dipikir dan akhirnya orangnya sakit keras.Jadi,berpikir “Take It Heavy” adalah berpikir yang tidak realistis (das Sollen).

Contoh Take It easy
Pada akhir 2007 dan awal 2008, terjadi banjir besar di Bojonegoro. Bahkan dalam kota juga kebanjiran. Ada pengelola pendidikan komputer, komputernya rusak semua. Kerugian sekitar Rp 100 juta.Namun pengelola atau pemiliknya santai-santai saja. Alasannya, sudah hancur, buat apa bersedih? Apakah kalau bersedih komputernya tiba-tiba bisa berubah menjadi baik lagi? Tidak.Jadi, berpikir “Take It Easy” adalah berpikir yang realistis (das Sein).

Solusi:
Masalah kecil tidak perlu dibesar-besarkan
Masalah besar diselesaikan secara bertahap

Sumber foto: photohomepage.de

Hariyanto Imadha
Pengamat perilaku
Sejak 1973

Iklan

Semua komentar otomatis akan dihapus

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: