Oleh: psikologi2009 | Februari 8, 2012

PSIKOLOGI: Bisakah Anda Melupakan Masalah Anda?


SEMUA orang punya masalah. Bahkan begitu besar masalah itu, sehingga merupakan trauma. Dan ada hal-hal yang selalu mengingatkan masalah itu.

Contoh 1:
Seorang korban banjir hingga jatuh miskin. Tiap kali ada hujan, dia pasti ingat masalah banjir itu. Akibatnya, pikirannya dikendalikan dan diperbudak oleh suasana hatinya sendiri.Keputusan yang diambil, dia mencari rumah baru yang tidak mungkin kebanjiran.

Contoh 2:
Seorang mantan pramugari kereta api, sangat trauma atas kejadian perkosaan di kereta api BIMA (saat itu pintu bisa dikunci dari dalam).Tiap kali mendengar suara kereta api atau melihat kereta api, trauma itu bangkit lagi.Keputusan yang diambil : Seumur hidup dia tak mau naik kereta api apapun.

Contoh 3:
Seorang cewek SMA patah hati karena ditinggalkan dan disakiti pacar yang sangat dicintainya. Tiap kali bertemu dengan cowok yang mirip mantan pacarnya, dia pasti teringat. Keputusan yang diambil, dia membalas dendam kepada semua pacar-pacar barunya.

Definisi masalah
Masalah yaitu sebuah peristiwa yang terjadi dan sesungguhnya peristiwa itu merupakan hal yang tidak diinginkan atau di luuar dugaannya atau di luar perencanaannya.

Besar kecilnya masalah

Ada masalah besar, sedang dan kecil.

Dalam konteks subjektif
Yang menentukan besar kecilnya masalah adalah Anda sendiri. Kalau sebuah masalah Anda anggap besar, ya masalah itu besar. Kalau Anda anggap kecil, ya kecil.

Dalam konteks objektif
Sebuah masalah merupakan masalah besar jika menyangkut pelanggaran hukum, pelanggaran norma-norma agama ataupun etika. Di sini, masalah besar yya besar masalah kecil ya kecil.

Bagaimana menyikapi masalah
Ada beberapa hal untuk menyikapi masalah:
-Tidak perlu emosi atau bersikap anarki
-Bersikap tenang, berpikir dan mencari alternatif solusi
-Secara bertahap menyelesaikan masalah

Bagaimana cara menyelesaikan masalah
-Menganalisa dan menemukan sendiri solusinya
-Tukar pikiran dengan orang lain
-Konsultasi dengan psikolog/psikiater

Bisakah melupakan masalah?
Melupakan atau tidak melupakan masalah tergantung motivasi dan tujuannya. Kalau tujuannya positif, ya tidak apa-apa. Tapi kalau motivasi dan tujuannya negatif, justru itu bermasalah.

Melupakan atau tidak melupakan masalah juga tergantung pribadi masing-masing.Tergantung kemauan masing-masing. Tergantung nawaitu masing-masing. Kalau ada kemauan keras, pasti bisa melupakan masalah.

Masalah ada di memori otak
Semua masalah Anda tersimpan rapi di otak.Otak akan aktif manakala Anda berpikir dan mempunyai kegiatan.

Cara melupakan masalah
Memperkuat peranan rasio. Selalu berpikir, apa gunanya hanya memikirkan masalah. Lebih baik menyelesaikan masalah secara bertahap.Karena masalah ada di otak, maka otak harus diberi pekerjaan untuk memikirkan hal-hal lain di luar masalah. Yaitu, mencari kesibukan-kesibukan yang bermanfaat.

Keputusan
Apapapun masalah yang Anda hadapi, maka keputusan yang harus Anda ambil haruslah merupakan keputusan yang positif.

Misalnya, memperdalam agama, membaca buku-buku yang bermanfaat,berorganisasi, menulis,rekreasi dan kegiatan positif lainnya. Dengan demikian masalah yang tersimpan di memori otak akan tertimpa oleh pikiran-pikiran lainnya. Melupakan masalah, butuh kemauan, latihan dan waktu.

Sumber foto: lakso.wordpress.com

Hariyanto Imadha
Pengamat perilaku
Sejak 1973

Iklan

Responses

  1. Masukan yg mantapp !!

  2. Ada pertanyaan pak ? dulunya pernah susah tidur , ada masalah. Masalah sudah beres bru bisa tidur ( sembuh ) . suatu saat pas mau tidur di kagetkan jadi langsung berefek tidak bisa tidur sampe sekarang . Itu susah menghilangkan nya … Jdi sekarang ke ganggu udah 5 bulan . Hati selalu gelisah , cemas , shngga tdr susah . Soalnya pas mau tdr sllu ingat “tdk bsa tdr ” . Tolong kasih jawabannya pak ?

  3. Ku punya masalah di sekolah.. setiap hari sabtu aku gak pernah sekolah udah 5 kali sabtu gak masuk.. jd wali kelas ku bilang kalau gak sekolah hri senin di skor.. jd nya ku takut mau sekolah

  4. aku punya masalah ma temen sebenarnya si masalah sepele tapi masalah sepele itu bikin aku ngga bisa tidur,nafsu makan hilang dan kalau ngerjain sesuatu jadi gak konsen karena kepikiran masalah sepele itu

  5. saya pernh merasa bersalah kpd ibu sy,krn sy prnh melihat ibu lg mandi,krn msllh itu sllu sy ingat dan sy merasa berdosa pd ibu,,gimn solusi utk melupkanya pak..

  6. Artikel yang ttelah dipaparkan oleh bapak diatas dapat saya pahami, akan tetapi saya ingin tahu secara lebih jelas bagaimana cara melupakan masalah yang dapat dibilang berat sekali dalam hidup pak, Saya tidak dapat melupakanya akan tetapi saya ingin sekali melupakanya. mohon pencerahanya terimakasih

  7. Aku punya masalah disekolah sama sahabat aku sendiri.. Masalahnya tuh bikin aku susah konsentrasi, ga nafsu makan,sama jadi males masuk sekolah.. Punya solusinya gak?

  8. Saya punya masalah sm temen sekolah, cowo. Dia nuker nama saya dg kelompok lain tanpa sepengetahuan saya. Kelompoknya itu ga bisa saya trima dg ikhlas. Sudah hampir sebulan saya masih keganjel masalah ini. Karena saya baru tahu masalah saya dituker. Memang bagi orang ini sepele, tapi saya bukan tipe orang seperti itu. Jadi gimana ya cara saya menenangkan pikiran saya

  9. Pak saya mempunyai masalah susah tidur .perasaan saya takut terus ..awalnya saya sakit, waktu sakit saya pengen tidur dah tertidur , setelah itu terbangun terkejut jadi saya yg ada d dalam pikiran saya cuman takut untuk tidur karena nafas saya d pejamin mata terhenti .bagaimana solisinya pak

  10. Q ingin amesia.agar Q bsa lupa siapa diri in… Betapa. Hinamya Q in.Q lah wanita yg paling hina d dunia in.Q hina karna korban pemerkosaan kkk kandungku sendirin..

  11. Pak, apa yg hrus Q lakukan..Q malu untuk menceritakan kpada orang lain..tpi Q sring menangis dan tak bsa kendalikan emosi Q..krna ini kejadian yg sudah belasan tahun.Q jdi korban nafsu becat kakak kandungku sendiri…tlong Bantuannya pak..

  12. saya waktu uts ketahuan minjem jawaban temen,dan saya masih kepikiran hingga sekarang,tolong pencerahan

  13. not bad..
    thank’s guy’s..


Semua komentar otomatis akan dihapus

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: