Oleh: psikologi2009 | Februari 23, 2012

PSIKOLOGI: Tips Mengatasi Rasa Galau


ORANG-orang sering menyebut kata “galau”. Tapi kalau kita tanya, “galau” itu apa? Jawbannya bermacam-macam. Ada yang mengatakan, galau itu sama dengan stres, frustrasi atau depresi. Dan masih banyak pendapat lainnya. mana kira-kira pendapat yang benar?

Satu kata banyak makna
Dari sudut ilmu bahasa (linguistik), satu kata memang bisa saja menimbulkan banyak makna atau banyak arti. Itu bisa saja terjadi karena tiap orang punya cara berpikir yang berbeda dan tingkat ilmu pengetahuan yang berbeda serta persepsi yang berbeda.

Perlu pengertian baku
Meskipun demikian, kita perlu mengambil pengertian yang banyak dianut orang dan telah dimuat di kamus standar internasional ataupun nasional.

Arti galau menurut Kamus Besar bahasa Indonesia (KBBI)
“Galau yaitu sibuk beramai-ramai; ramai sekali; kacau tidak keruan (pikiran)

Arti sempurna
Galau adalah adanya kekacauan pikiran. Begini salah begitu salah. Begini gelisah begitu gelisah. Kesana tidak benar kesini tidak benar. Bukan sebuah dilema, tetapi karena pikiran tidak bisa mengambil keputusan secara rasional. Galau bukanlah stres, frustrasi ataupun depresi. Tetapi, galau merupakan bagian dari stres, frustrasi dan depresi.

Penyebab galau
Secara umum, penyebab utama yaitu seseorang tiba-tiba punya masalah. Namun, pikirannya belum bisa mengambil keputusan yang pasti. Pikirannya kacau, ragu-ragu, bimbang atau serba salah.

Ciri-ciri orang galau
Secara umum, orang yang sedang galau, wajahnya cenderung murung dan menyendiri. Cenderung menyendiri. Kadang-kadang suka marah-marah. Mudah tersinggung. Atau bahkan cenderung menyalahkan orang lain. Tak jarang juga menangis (biasanya cewek). Pikirannya sumpek.

Bagaimana cara mengatasi galau?
1.Juhkan pikiran dari masalah
2.Cari kesibukan yang menyenangkan
3.Curhat atau minta pendapat orang lain
4.Belajarlah mengendalikan emosi
5.Berpikirlah positif

1.Jauhkan pikiran dari masalah
Janganlah fikiran terfokus pada masalah. Alihkan pikiran pada hal-hal lain. Usahakan melupakan masalah.

2.Cari kesibukan yang menyenangkan
Banyak kesibukan yang menyenangkan. Mulai makan siang bersama-sama teman di mall. Rekreasi. Nonton acara komedi. Bermain musik. Mengarang lagu, cerpen atau novel. Kegiatan lain yang menyenangkan bisa Anda cari sendiri.

3.Curhat atau minta pendapat orang lain
Jika ada masalah, jangan dipikir sendiri. Cobalah curhat atau minta pendapat orang lain yang bisa Anda percaya.

4.Belajarlah mengendalikan emosi
Tarik nafas panjang-panjang. Keluarkan secara pelan-pelan. Kuatkan rasio atau pikiran. Kurangi emosi. Tekan energi-energi negatif.Tekan keinginan-keinginan negatif. Buang pikiran-pikiran negatif.

5.Berpikirlah positif
Bangun pikiran yang positif. Gunakan filsafat “Take it easy”. Atau gunakan filsafat “Emangnye gue pikirin”. Lupakan masalah. Selesaikan masalah di hari yang lain.

Semoga bermanfaat.

Hariyanto Imadha
Pengamat Perilaku
Sejak 1973


Responses

  1. ckrang msi pemeroseskn pmblokeran.

  2. Kenapa hidup ini susah dijalani dengan kata senang

  3. aku sedih bget,pusing msalah,pkerjaan,kesana kemari gk jelas,apa yg hrus q lakukan,,q gk punya,teman yg bisa ku percaya,q galau, dan tips diatas,ada jg yg Mirip pengalamanku.

  4. Bagaimana mengatasi pikiran yg galau seperti yg saya rasakan saat ini


Semua komentar otomatis akan dihapus

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: