Oleh: psikologi2009 | April 30, 2012

PSIKOLOGI: Memancing Munculnya Facebooker Pengidap Psikopat

PSIKOPAT merupakan gangguan kepribadian. Gangguan kepribadian ini kadang sulit diidentifikasi, karena kebanyakan psikopat tampak normal atau bahkan sangat ramah dalam kehidupan sehari-harinya. Namun di balik itu semua, seorang psikopat tidak punya empati atau kepekaan nurani terhadap lingkungan sekitarnya. (Sumber: http://indopoints.wordpress.com/2011/06/25/test-sederhana-apakah-anda-seorang-psikopat/)

1.Data berbicara

-HASIL penelitian the Sun menunjukkan, 1 dari 100 orang mempunyai kecenderungan mengidap psikopat.(Sumber: http://indopoints.wordpress.com/2011/06/25/test-sederhana-apakah-anda-seorang-psikopat/)

-Berita terkini di Kompas.com menyebutkan bahwa jumlah penderita sakit jiwa di DKI hinga Triwulan  dua  tahun 2011 telah mencapai angka 306.621 orang. Jika dibandingkan dengan kasus yang sama pada tahun 201o tercatat jumlah penderita sakit jiwa sebanyak 150.029 orang ini berarti terjadi pertumbuhan penderita sakit jiwa di DKI hingga 100%. (Sumber: http://kesehatan.kompasiana.com/kejiwaan/2011/10/10/oh-my-god-orang-jakarta-sakit-jiwa-tumbuh-100-pertanda-apakah-ini/)

2.Pengidap psikopat ada di mana-mana

Pengidap psikopat ada di rumah, sekolah, kampus,kantor bahkan ada di sekeliling kita. Bahkan tidak hanya di masyarakat biasa, di media sosial online seperti Twitter dan Facebook juga bisa kita temukan.

3.Ciri-ciri psikopat

Banyak ciri-ciri psikopat (harus kita kaji dengan teliti ciri-ciri tersebut sebab jika tidak cerdas, kita akan dengan mudah akan menuduh orang lain pengidap psikopat, padahal belum tentu).

Beberapa cirinya antara lain:

Sering berbohong (termasuk ingkar janji), egosentris (merasa dirinya lebih hebat dari orang lain, padahal tidak mempunyai prestasi apapun), antisosial (antara lain suka menyakiti hati orang lain),kurang empati (kurang bisa menghargai orang lain), suka menantang dalam arti negatif, impulsif (tidak mampu mengendalikan diri), manipulatif (bicara tanpa fakta yang signifikan), reaktif, mudah tersinggung, gede rasa atau GR, dan lain-lain.

4.Ciri-ciri Facebooker pengidap psikopat

Dari uraian di atas, bisa dijabarkan ciri-ciri Facebooker dari caranya memberikan komentar:

a.Suka menyerang pribadi pembuat status dengan kata-kata yang menyakitkan hati

b.Snob (sok tahu, sok mengerti dan sok pintar), padahal tidak punya kompetensi atau latar belakang pendidikan/pengalaman yang mendukung.

c.Suka menggurui orang lain yang dianggapnya bodoh atau suka menasehati orang yang lebih tua.

d.Impulsif atau reaktif.

5.Cara memancing munculnya Facebooker pengidap psikopat.

Karena pengidap memiliki sikap reaktif, maka dia dia mudah sekali terpancing dengan status-status yang “provokatif” berhubungan dengan hal-hal yang melekat pada pribadinya

Contoh-contoh status “provokatif” (dalam arti positif):

a.Status FB berbunyi:”Salah satu ciri Facebooker pengidap psikopat yaitu, suka menyerang pribadi penulis status dengan kata-kata yang menyakitkan”.

Tiba-tiba muncul satu dua Facebooker yang sebelumnya tidak pernah menulis komentar. Muncul dengan kalimat-kalimat yang menyakitkan hati pembuat status.

Contoh:

“Kamu yang psikopat. Suka buka aib orang lain. Kamu merasa pintar tapi tidak pernah jadi menteri. Kamu menganggap orang satu kota goblok semua. Bacalah Al Qur’an….” Dan seterusnya.

b.Status FB berbunyi:”Orang pintar suka berkarya. Orang tidak pintar suka mencela” (berdasarkan hasil survei)

Tiba-tiba muncul tiga Facebooker langsung membuat komentar yang membantah pendapat tersebut.

Contoh:

“Pendapat kamu salah. Orang yang suka mencelapun bisa berkarya. Goblok…”.

c.Status FB berbunyi:”Orang yang suka mencela pendapat saya biasanya paling tinggi Cuma lulusan satu perguruan tinggi”

Tiba-tiba muncul dua status reaktif. Salah satunya mengaku-ngaku sebagai orang hebat.

Contoh:

“Ngawur saja! Saya tiga kali ikut tes masuk perguruan tinggi negeri dan lulus! Saya juara lomba-lomba budaya nasional! Saya tantang orang-orang pintar untuk berdebat, tidak satupun yang berani!” dan seterusnya.

Kesimpulan

1. Ciriri-ciri mencolok Facebooker pengidap psikopat yaitu reaktif dan komentarnya tidak enak dibaca.

2.Lebih suka mengomentari penulis status (menggurui, menyalahkan, melecehkan dan lain-lain) daripada mengomentari statusnya.

3.Komentar negatif merupakan cermin hati yang negatif.

Semoga bermanfaat

Hariyanto Imadha

Pengamat Perilaku

Sejak 1973


Semua komentar otomatis akan dihapus

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori