Oleh: psikologi2009 | Mei 27, 2012

PSIKOLOGI: Komunitas Anarki Merupakan Komunitas Psikopat?

HUKUM sosial mengatakan, biasanya mahasiswa pandai secara tidak disadari membentuk komunitas mahasiswa-mahasiswa pandai. Mahasiswi cantik tanpa disadari akan membentuk komunitas mahasiswi-mahasiswi cantik. Mahasiswa kaya secara tidak disadari akan membentuk komunitas mahasiswa kaya. Sekelompok preman tanpa disadari akan membentuk komunitas preman . Sekelompok pemusik secara tidak disadari akan membentuk komunitas pemusik. Hukum sosial mengatakan secara alamiah orang cenderung mencari sahabat yang mempunyai persamaan persepsi, hobi, tingkat sosial, latar belakang pendidikan, persamaan selera dan seterusnya. Jadi, ciri komunitas tersebut adalah “persamaan”.

A.8 Ciri Psikopat Menurut John Clarke

DOKTOR John Clarke adalah seorang doktor di bidang psikologi dari Universitas  Sydney, Australia. Mengemukakan 8 (delapan) ciri psikopat sebagai berikut:

1. Pada awalnya menampilkan sikap yang menarik, cenderung dibuat-buat, memesona, dan menebarkan sikap hangat. Inilah yang membuat orang mudah mempercayainya, dan dengan kepercayaan itu mereka mencelakai atau menipu korbannya.

2. Beranggapan dirinya yang paling penting dan harus diistimewakan, semuanya berpusat pada dirinya, pokoknya untuk saya, pokoknya milik saya, pokoknya saya dan saya.

3. Sering memperlihatkan perlakuan yang impulsif (meledak-ledak), sulit menunda dan mengendalikan emosi. Kalau punya keinginan harus sekarang, kalau tidak akan marah atau mengamuk.

4. Hubungan pertemanan atau hubungan sosial yang singkat, sering ganti-ganti pasangan asmara atau ganti-ganti pekerjaan.

5. Sering berbohong, menipu, dan mengkhianati.

6. Kurang tanggung jawab atas perbuatannya, berani mengambil keputusan berisiko dan tidak dapat belajar dari pengalaman, selalu diulang terus, meskipun telah diberi hukuman atau peringatan.

7. Kurang mampu merasakan perasaan orang lain, tidak peduli orang lain menderita.

8.Cenderung menyalahkan orang lain untuk apa yang telah dilakukannya.

Sumber: http://www.forumkami.net/cafe/135410-8-ciri-seseorang-menderita-psikopat.html

B.Hubungan pendapat John Clarke dengan Komunitas anarki

Kalau kita pelajari pendapat John Clarke dengan ciri-ciri komunitas anarki, ternyata mengandung persamaan. Caranya, dengan menambahkan kalimat “Komunitas anarki” ke delapan ciri-ciri tersebut.

1.Komunitas anarki, pada awalnya menampilkan sikap yang menarik, cenderung dibuat-buat, mempesona, dan menebarkan sikap hangat.

2. Komunitas anarki beranggapan dirinya yang paling penting dan harus diistimewakan,

3. Komunitas anarki ,sering memperlihatkan perlakuan yang impulsif (meledak-ledak), sulit menunda dan mengendalikan emosi. Kalau punya keinginan harus sekarang, kalau tidak akan marah atau mengamuk.

4. Komunitas anarki ,hubungan pertemanan atau hubungan sosial yang singkat.

5. Komunitas anarki sering berbohong, menipu, dan mengkhianati.

6. Komunitas anarki kurang tanggung jawab atas perbuatannya

7. Komunitas anarki kurang mampu merasakan perasaan orang lain

8. Komunitas anarki cenderung menyalahkan orang lain

Komunitas bisa dalam bentuk ormas, partai,organisasi, sekelompok pelajar/mahasiswa/warga dan kelompok-kelompok sosial lainnya.

C.Perlu observasi lebih lanjut

Semua teori psikologi terhadap orang lain atau sekelompok orang lain masih terbatas pada hasil sebuah analisa daripada sebuah fenomena. Merupakan indikator awal. Apakah seseorang atau sekelompok orang benar-benar pengidap psikopat tentu perlu memerlukan observasi lebih lanjut. Dan ini membutuhkan waktu yang relatif cukup lama. Meskipun demikian, 70% indikator awal terbukti mencerminkan fakta yang sebenarnya.

Catatan:
Artikel ini merupakan hasil sebuah analisa psikologis yang sifatnya masih pra-ilmiah atau tahap logis.

Hariyanto Imadha
Pengamat Perilaku
Sejak 1973

Semua komentar otomatis akan dihapus

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: