Oleh: psikologi2009 | Agustus 23, 2012

PSIKOLOGI: Kenapa Ada Facebooker Memberikan Komentar Sinis?

BAGI Facebooker yang aktif membuat status, suatu saat pasti akan mendapatkan komentar-komentar yang sinis. Kenapa ada komentar-komentar sinis? Tentu Facebooker yang tidak memahami psikologi tidak akan menemuykan jawabannya yang tepat.

Komentar mencerminkan pribadi Facebooker

Hasil studi para ahli psikologi mengatakan bahwa ucapan ataupun tulisan seseorang merupakan cermin daripada pribadi pembicara atau penulisnya. Walaupun itu dilakukan secara pura-pura, seorang sarjana psikologi yang cerdas pasti bisa membedakan mana bahasa yang pura-pura (artificial language) dengan bahasa yang benar-benar normal (real language).

Sinisme

Sinisme sebenarnya merupakan salah satu gaya bahasa. Namun juga merupakan salah satu sikap seseorang sekaligus mencerminkan pribadi seseorang tersebut. Sinismu merupakan komentar yang bersifat cemooh, walaupun itu diucapkan atau ditulis dengan bahasa yang halus dan sopan, namun intonasi kalimatnya tetap bisa dirasakan bagi yang faham psikologi bahasa.

Komentar sinis cermin pribadi snob

Berdasarkan hasil analisa, maka sikap sinisme ternyata hanya dilakukan orang yang berkepribadian snob. Snob adalah sebuah sikap yang bertentangan dengan fakta. Misalnya, tidak tahu tetapi sok tahu. Tidak mengerti tetapi sok mengerti. Tidak pandai tetapi sok pandai. Khusus komentar sinis di Facebook, tentu itu dilakukan Facebooker yang merasa lebih tahu, merasaengerti dan merasa lebih pandai daripada pembuat status. Padahal lohikanya, orang yang paling mengerti maksud status adalah si pembuat status itu sendiri.

Kenapa snob?
Orang bersikap snob antara lain tidak pernah atau jarang mendapatkan tanggapan positip dari orang lain atas pendapat-pendapat yang diucapkan atau yang ditulisnya.

Sirik

Sirik (bukan syirik) adalah sikap tidak suka yang tidak rasional dan tidak objektif terhadap apa saja yang dilakukan orang lain walaupun yang dilakukan orang lain itu benar. Jadi, Facebooker yang selalu memberi komentar sinis juga merupakan pribadi yang sirik.

Kenapa sirik?
Penyebab perilaku sirik antara lain karena seseorang merasa tidak mampu berbuat sama atau melebihi dibandingkan orang yang dikomentarinya. Dan biasanya sikap demikian merupakan sikap yang tidak disadarinya. Orang nersikap sirik juga karena negative thinking, melihat orang lain selalu salah dan sekaligus membencinya tanpa ada alasan yang kuat . Cara berpikirnya sangat subjektif dan egoismenya besar. Biasanya bukan orang yang cerdas.

Bagaimana cara menghadapi komentar-komentar yang sinis di Facebook

Ada tiga macam pilihan

-Tidak perlu menanggapi,atau

-Memberikan tanggapan yang bersifat memberikan penjelasan,atau

-Meremove atau memblokir akun Facebooker yang snob dan sirik tersebut

Tindakan mana yang harus diambil tentu saja tergantung pertimbangan yang paling cocok bagi pembuat status.

Semoga menambah wawasan berpikir Anda.

Hariyanto Imadha
Pengamat Perilaku
Sejak 1973

Responses

  1. Ya berusaha jgn mudah terpancing donk…ikan kaleee


Semua komentar otomatis akan dihapus

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori