Oleh: psikologi2009 | Maret 21, 2013

PSIKOLOGI: Mengenal Lima Kategori Motivator

Image

BANYAK orang yang tidak bisa membedakan, motivator yang dihadapi termasuk  kategori motivator apa? Maklum, akhir-akhir ini bermunculan banyak motivator dan celakanya mereka “mendeklarasikan” diri sendiri sebagai motivator. Tampaknya tidak ada pendidikan sebagai motivator. Tampaknya tidak ada pula motivator yang bersertifikat.

Apakah motivator itu?

Motivator adalah seorang yang mempunyai aktivitas mempersuasi (mempengaruhi) dan memotivasi (memberi semangat) kepada seseorang atau sekelompok orang supaya tetap bersemangat untuk mencapai suatu tujuan terntu yang telah ditetapkan termasuk memberi tips dan trik bagaimana memecahkan suatu masalah secara efektif dan efisien.

Ada berapa kategori motivator?

Secara umum ada lima kategori motivator.

1.Self Experience Motivator

2.Others Experience Motivator

3.Texkbook Motivator

4.Self Theory Motivator

5.All Kinds Motivator

 

1.Self Experience Motivator

Yaitu seorang motivator yang mempersuasi dan memotivasi orang lain atau sekelompok orang lain berdasarkan pengalaman-pengalaman pribadinya.

Misalnya:

Bob Sadino punya pengalaman sebagai seorang pebisnis mulai tingkat bawah hingga sukses menjadi pebisnis tingkat tinggi atau konglomerat. Maka Bob Sadino layak disebut sebagai motivator kategori Self Experience Motivator.

2.Others Experience Motivator

Yaitu seorang motivator yang mempersuasi dan memotivasi orang lain atau sekelompok orang lain berdasarkan pengalaman-pengalaman orang lain.

Misalnya:

Seorang motivator yang menceritakan kesuksesan Bill Gates yang tidak tamat kuliah tetapi sukses bisnis software OS Windows sehingga kaya raya. Atau bercerita tentang kesuksesan Mark Zuckerberg yang juga tidak tamat kuliah tetapi sukses mendirikan Facebook sehingga sukses menjadi pebisnis yang kaya raya.

3.Textbook Motivator

Yaitu seorang motivator yang mempersuasi dan memotivasi orang lain atau sekelompok orang lain berdasarkan buku-buku motivasi yang dibacanya.

Misalnya:

Seseorang yang  menjadi motivator berdasarkan teori-teori motivasi tanpa menyebutkan siapa yang punya teori motivasi tersebut. Memberikan dasar-dasar motivasi,  cara memotivasi, cara memilih kata-kata yang mampu memotivasi, sikap dalam memotivasi , cara meyakinkan orang lain, cara membuat orang lain bersemangat dan teori-teori motivasi lainnya.

4.Self Theory Motivator

Yaitu seorang motivator yang mempersuasi dan memotivasi orang lain atau sekelompok orang lain berdasarkan teori-teori yang dibuatnya sendiri.

Misalnya:
Sorang motivator, sebelum tampil di depan publik, maka dia membuat naskah motivasi dulu. Membuat judul atau tema, kerangka tulisan dan dikembangkan dalam naskah motivasi yang utuh. Ketika tampil di depan umum, maka cara bicaranya sudah lancar sekali sesuai naskah yang telah disiapkan sehingga memberi kesan dia memang seorang motivator yang unggul dan cekatan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sebelumnya juga sudah diantisipasi. Biasanya dia seorang penulis dan pembicara yang ulung.

5.All Kinds Motivator

Yaitu seorang motivator yang mempersuasi dan memotivasi orang lain atau sekelompok orang lain berdasarkan gabungan dari kategori-kategori di atas.

Misalnya:

Seorang motivator yang kadang bercerita tentang kesuksesan dirinya sendiri, kesuksesan orang lain, berdasarkan buku yang dibacanya juga berdasarkan teorinya sendiri yang sudah disiapkan.

Motivator mana yang paling baik?

Sebenarnya, semua motivator bertujuan baik. Jadi semua kategori motivator tersebut adalah motivator yang baik. Yang penting bukan kategorinya, tetapi proses motivasi dan hasil motivasinya. Semakin pandai seorang motivator berbicara dan semakin pandai meyakinkan orang lain atau sekelompok orang lain serta semakin cerdas dalam menyampaikan jawaban-jawaban, maka semakin tinggi derajat dia sebagai seorang motivator.

 

Semoga bermanfaat.

 

Sumber foto/gambar: ilmupengetahuankuw.blogspot.com

 

Hariyanto Imadha

Pengamat perilaku

Sejak 1973


Kategori

%d blogger menyukai ini: