Oleh: psikologi2009 | April 11, 2013

PSIKOLOGI: Ciri-Ciri Komentator Pengidap Psikopat

Image

BERDASARKAN pengamatan yang penulis lakukan sejak 1973 terhadap komentar-komentar surat pembaca penulis yang dimuat di berbagai surat kabar dan komentar-komentar artikel-artikel penulis, blog/website dan Facebook, maka bisa ditarik kesimpulan selalu ada dan cukup banyak komentar-komentar yang bernada negatif, baik secara eksplisit maupun implisit. Tentu, komentar merupakan manifestasi daripada pikiran,emosi dan kondisi jiwa komentator. Bahkan mencerminkan tingkat kecerdasan maupun kepribadian seseorang.

Apakah psikopat itu?

Secara umum, psikopat adalah semua perilaku tulisan, ucapan atau tindakan yang berkonotasi negatif yang dilakukan seseorang atau sekelompok orang terhadap orang lain tanpa menghargai adanya hati nurani .

Bagaimana ciri-ciri fisik pengidap psikopat?

Secara fisik tidak bisa diketahui, sebab tampilan mereka normal saja. Dialognya wajar, ramah, sopan, murah senyum, rajin bekerja, suka bergaul, punya pendidikan cukup tinggi dan tidak ada tanda-tanda yang menunjukkan kelainan. Kelainan terutama kelainan kepribadian atau kejiwaan baru muncul manakala seseorang atau sekolompok orang memanifestasikan isi hatinya dalam bentuk tulisan, ucapan atau bahasa tubuh atau secara fisik.

Beberapa ciri yang menonjol dari pengidap psikopat

1.Reaktif-negatif dan sinisme

2.Menyerang pribadi penulis

3.Mencela isi tulisan

4.Merasa lebih pandai dari penulis

5.Tidak punya karya apa-apa

Semua dilakukan tanpa mempertimbangkan hati nurani.

1.Reaktif-negatif dan sinisme

Jika membaca artikel atau tulisan, secara apriori selalu berpandangan negatif. Apa yang ditulis dalam tulisan yang dianggapnya berbeda dengan pendapatnya atau seleranya, pasti dianggap salah. dan langsung memberikan komentar-komentar yang berkonotasi negatif dan sinis.

2.Menyerang pribadi penulis

Ciri mencolok yaitu, menyerang pribadi penulis. Mengolok-olok, mencela, mencari-cari kekurangan yang ada pada pribadi penulis, padahal biasanya mereka belum mengenal penulis secara pribadi. Hanya berdasar prasangka-prasangka buruk.

3.Mencela isi tulisan

Tulisan-tulisan yang dianggap salah menurut sudut pandangnya, akan dikomentari dengan kata-kata yang tidak enak dibaca. Dicela, dicaci maki, disalah-salahkan, direndah-rendahkan, dikatakan tidak bermutu, dianggap ngawur dan cvelaan-celaan lain yang menggunakan kata-kata negatif sebanyak-banyaknya.

4.Merasa lebih pandai dari penulis

Pengidap psikopat selalu merasa lebih pandai dari orang lain. Komentarnya bersikap SNOB (sok tahu, sok mengerti,sok pintar,sok menasehati dan sok menggurui). Semua kalimatnya selalu bernada menyalahkan. Pokoknya isi tulisan dianggapnya 100% salah. Tidak mampu memberikan apresiasi walaupun hanya 1% sekalipun. Komentar-komentarnya memberi kesan dia lebih pandai daripada penulis.

5.Tidak punya karya apa-apa

Berdasarkan hasil pengamatan penulis sejak 1973, orang-orang yang mempunyai ciri-ciri di atas, 99,99% ternyata tidak mempunyai karya apa-apa, baik berupa surat pembaca, artikel, buku atau karya-karya kreativitas maupun karya-karya inovatif.

Psikopat sulit disembuhkan

Psikopat sebagai kelainan kepribadian memang sulit disembuhkan. Sebab menyangkut emosi kejiwaan maupun kualitas rasio dan format berlogika yang mempengaruhi cara pandang. Karena emosi kejiwaan dan kualitas rasio dan format berlogikanya kurang baik, maka menyebabkan matinya hati nurani. Tidak lagi mampu melihat kenyataan, tidak lagi bisa menerima pendapat orang lain dan akan memperoleh kepuasan psikologis dengan cara menyakiti perasaan orang lain. Untuk menyembuhkan butuh diagnosa yang mendalam, perlu observasi psikologis maupun medis lebih jauh. Butuh waktu relatif lama.

Semoga bermanfaat.


Kategori

%d blogger menyukai ini: