Oleh: psikologi2009 | Agustus 7, 2013

PSIKOLOGI : Galak dan Tegas Itu Dua Hal Yang Sangat Berbeda

SERING kita mendengar seseorang mengatakan Wagub DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama itu pejabat yang galak. Namun orang lain mengatakan bahwa beliau bukanlah galak, tetapi merupakan pejabat yang tegas. Tampaknya masyarakat Indonesia belum bisa membedakan mana beda pengertian kata “galak” dengan kata “tegas”. Artikel ini akan memberikan gambaran yang jelas perbedaan dari ketua kata atau istilah tersebut.

A.Galak

Galak-lazuardibirruorg

(Sumber foto: http://www.lazuardibirru.org/wp-content/uploads/2012/10/Tips-Mengatasi-Bos-yang-Galak.jpg)

1.menjadi buas ,marah, membuat menjadi lebih galak (buas, berani, dsb); menghasut; membangkitkan marah

Contoh:  Anjing yg menggalak itu menyerang kami

2.menggiatkan; membangkitkan kegairahan:

Contoh:   Pemerintah akan menggalakkan lagi koperasi sandang pangan

(Sumber: http://bahasa.cs.ui.ac.id/kbbi/kbbi.php?keyword=galak&varbidang=all&vardialek=all&varragam=all&varkelas=all&submit=tabel)

Definisi galak

Galak adalah sikap fisik seseorang yang berkonotasi negatif, emosional dan tidak berdasarkan hukum dan apabila tujuannya adalah negatif.

Contoh:

Seorang pimpinan perusahaan merasa sangat jengkel dan emosional melihat ulah bawahannya yang bandel tidak mau didisiplinkan maka dia memerintahkan satpam supaya menyiksanya sehingga kesakitan dengan tujuan supaya karyawan tersebut mau didisiplinkan. Solusinya tidak bersifat win-win solution.

B.Tegas

Tegas-rakyatsulselcom

(Sumber gambar: http://rakyatsulsel.com/wp-content/uploads/2012/10/tegas-supomo.jpg)

1.jelas dan terang benar; nyata: tanda-tanda lalu lintas itu tidak berapa ~ kelihatan pd malam hari; ia berkata dng suara yg ~ dan jelas; ki

2. tentu dan pasti (tidak ragu-ragu lagi, tidak samar-samar): dng ~ permintaan saya ditolaknya; jawablah dng ~, ya atau tidak; segera diadakan tindakan yg tepat dan ~; ki

3.tegasnya) artinya; jelasnya: perbuatan kedua orang itu tidak ada sangkut pautnya, ~nya masing-masing berbuat menurut kehendak dan kemauan sendiri; — bregas, tagas dan tangkas

(Sumber: http://bahasa.cs.ui.ac.id/kbbi/kbbi.php?keyword=tegas&varbidang=all&vardialek=all&varragam=all&varkelas=all&submit=kamus)

Definisi tegas

Yaitu sikap fisik seseorang yang berkonotasi positif, rasional, dan berdasarkan hukum apabla tujuannya adalah positif.

Contoh:

Seorang pimpinan parpol berkali-kali menegur kadernya yang tidak mematuhi tata tertib dan peraturan yang telah ditetapkan di dalam AD/ART, antara lain berstatus sebagai tersangka kasus korupsi maka berdasarkan AD/ART, kader yang bandel itupun dipecat atau dinonaktifkan sementara dari partai tersebut berdasarkan tata tertib dan peraturan yang berlaku. Walaupun demikian, kader yang juga berstatus anggota DPR tersebut tetap menerima gaji, tunjangan dan hak-hak lainnya sampai ada keputusan hukum yang final dari pengadilan.

Kesimpulan

Dengan demikian bisa ditarik kesimpulan bahwa:

1.Galak adalah sikap pribadi yang emosional, tidak ada alasan yang kuat atau tidak berdasarkan hukum dan penyelesaiannya tidak win-win solution.

2.Tegas yaitu sika[ pribadi yang rasional dan ada alasan yang kuat atau berdasarkan hukum dan penyelesaiannya bersifat win-win solution.

Kesimpulan khusus

Berdasarkan uraian di atas, maka bisa ditarik kesimpulan khusus bahwa apa yang dilakukan oleh Wagub DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, bukanlah sikap yang “galak”, melainkan sikap yang “tegas”.

Ahok-Menunjuk

(Sumber foto: http://statis.dakwatuna.com/wp-content/uploads/2013/04/ahok-1-320×244.jpg)

Semoga bermanfaat

Hariyanto Imadha

Pengamat perilaku

Sejak 1973


Kategori