Oleh: psikologi2009 | Agustus 24, 2013

PSIKOLOGI: Kenapa Ada Facebooker Suka Ngeyel?

FACEBOOK-PsikologiKenapaAdaFacebookerSukaNgeyel

FACEBOOK adalah media sosial di mana berkumpul para Facebooker yang sudah kita kenal secara langsung sebelumnya atau kenalan baru yang baru kita kenal di Facebook. Bermacam-macam karakter Facebooker. Ada yang menyenangkan namun ada juga yang menyebalkan. Maklum, berdasarkan hasil penelitian, 1 dari 8 Facebooker sebenarnya sangat berpotensi menjadi seorang pengidap psikopat dengan ciri-ciri suka mencela pembuat status, sinisme, sirik, menghujat pembuat status dan bahkan suka ngeyel. Biasanya, mereka langsung diremove atau diblokir oleh pembuat status.

Sebelumnya, penulis sudah membuat artikel yang judunya mirip, yaitu “Kenapa Ada Orang Suka Ngeyel?”. Namun, artikel itu sifatnya umum. Sedangkan artikel ini lebih bersifat khusus di lingkungan media sosial Facebook. Tentu, artikel ini ditulis berdasarkan hasil observasi berbulan-bulan dan analisa data dan fakta secara rasional objektif.

Apa sih ngeyel itu?

Ngeyel adalah sebuah perilaku manusia di dalam mempertahankan pendapatnya tetapi biasanya tidak disertai argumentasi atau penalaran yang masuk akal, rasional dan objektif namun semata-mata hanya ingin mendapatkan “kemenangan” atas pendapatnya agar orang lain mau mengakui pendapatnyalah yang benar dengan cara setengah memaksa atau memaksa disertai dalih-dalih yang mengada-ada tanpa menyadari atau mengakui bahwa pendapat pembuat status sudah benar dan bahkan menganggapnya salah dan selalu salah.

Apa sebab Facebooker ngeyel?

Berdasarkan analisa psikologiss, seorang Facebooker suka ngeyel karena beberapa sebab.

1.Kebiasaan suka menang sendiri

2.Kurang memahami maksud tulisan yang ada di status

3.Merasa tanggapan pembuat status adalah tanggapan yang salah

4.Tak terbiasa mengakui pendapat yang benar yang dibuat oleh pembuat status

5.Adanya rasa antipati yang tidak rasional terhadap pembuat status

6.Merasa gengsinya jatuh kalau menyatakan setuju atas tanggapan pembuat status

7.Pola pikirnya dogmatis-pasif sehingga enggan menerima pendapat orang lain walaupun benar

8.Wawasan berpikirnya sempit sehingga kurang faham apa maksud tanggapan yang dibuat oleh pembuat status

9.IQ-nya kurang tinggi sehingga tidak faham atau salah faham atau diartikan lain saat membaca status atau tanggapan

10.Melihat status atau tanggapan dari sudut pandang yang berbeda yang seharusnya tidak perlu karena sudut pandang berbeda tidak akan pernah sesuai dengan maksud daripada status ataupun tanggapan.

11.Memang berkepribadian egosentrik

12.Merasa lebih pandai daripada pembuat status tetapi kepandaiannya tidak pernah ditunjukkan (tidak pernah membuat artikel, baik di Facebook, blog ataupun media massa lainnya)

13.Merasa tersinggung kalau ada orang lain berbeda pendapat dengan pendapatnya

14.Asal tulis tanpa dipikirkan matang-matang sebelumnya. Kalau tidak mengerti tidak mau bertanya karena baginya bertanya hanya dilakukan orang bodoh,padaahal orang yang suka ngeyel merasa dirinya bukan orang bodoh.

15.Cenderung menyerang atau menyakiti hati pembuat status (disadari atau tidak, sengaja atau tidak) dan ini merupakan salah satu ciri pengidap psikopat.

Bagaimana cara menghadapi orang yang suka ngeyel?

Hanya ada dua cara.

1.Memberikan penjelasan dengan bahasa yang mudah dipahami.

2.Kalau masih ngeyel tanpa argumentasi yang rasional-objektif, sebaiknya didiamka saja, diremve atau diblokir.

Masih banyak teman yang baik di Facebook

Jangan takut meremove atau memblokir sahabat Facebook Anda walaupun mungkin dia tetangga Anda, saudara Anda, teman sekantor Anda atau sahabat baik Anda di luar Facebook. Masih banyak sahabat atau calon sahabat di Facebook. Sebaiknya hati-hati memilih sahabat di Facebook.

Cara memilih sahabat di Facebook

Ada beberapa syarat untuk mencari sahabat di Facebook.

1.Menggunakan foto profil asli (bukan gambar, logo,karikatur,huruf dan lain-lainnya)

2.Biodatanya jelas (Nama asli, kota asal, kota domisili, dan lain-lain)

3.Jika sudah menjadi sahabat, selalu memberikan komen yang baik sebab komen yang positif merupakan manifestasi perilaku yang positif dan komen yang negatif merupakan manifestasi perilaku (minimal perilaku cara berpikir) atau kepribadian yang negatif pula.

Kesimpulan

Demi kenyamanan ber-Facebook ria, hindarkan bersahabat dengan Facebooker yang suka ngeyel, sebab biasanya orang demikian sampai kapanpun tetap akan suka ngeyel.

Hariyanto Imadha

Pengamat Perilaku

Sejak 1973

FACEBOOK-PsikologiKenapaAdaFacebookerSukaNgeyel.gif

Iklan

Kategori