Oleh: psikologi2009 | November 18, 2013

PSIKOLOGI: Masih Banyak Masyarakat Indonesia Yang Percaya Ilmu Semu (Pseudo Science)

FACEBOOK-PsikologiMasihBanyakMasyarakatIndonesiaYangPercayaIlmuIlmuSemu copy

WALAUPUN teknologi terutama teknologi informasi sudah demikian pesat dan jutaan masyarakat Indonesiapun sudah memiliki akun Facebook ataupun Twitter atau sudah banyak masyarakat  Indonesia yang mempunyai gelar S1, S2 dan S3, namun kenyataannya masyarakat kita masih banyak yang mempercayai ilmu-ilmu semu atau pseudo science. Suatu hal yang mencerminkan bahwa masih banyak masyarakat Indonesia yang belum memahami psikologi sekaligus belum cerdas.

Apakah ilmu semu itu?

Ilmu semu atau pseudosains (Inggris: pseudoscience) adalah sebuah pengetahuan, metodologi, keyakinan, atau praktik yang diklaim sebagai ilmiah tapi tidak mengikuti metode ilmiah. Ilmu semu mungkin kelihatan ilmiah, tapi tidak memenuhi persyaratan metode ilmiah yang dapat diuji dan seringkali berbenturan dengan kesepakatan/konsensus ilmiah yang umum. (Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Ilmu_semu).

Apa saja yang tergolong ilmu-ilmu semu

Beberapa diantaranya, yaitu:

1.Ramalan bintang (astrologi)

Yaitu sebuah kepercayaan bahwa watak, nasib, rejeki, jodoh dan segala hal yang menyangkut kehidupan dan penghidupan manusia ditentukan oleh bulan-bulan kelahiran

Contoh:

Sagitarius.Berjiwa Petualang, Pandai, Suka Kebebasan, Mandiri, Pandai Berdiplomasi, Berpandangan Luas.Memberi nasihat kepada orang lain memang lebih mudah. Tapi, Anda ternyata tak sanggup mempraktikkannya dan hanya bisa menahan malu ketika orang-orang, mengetahui hal ini, Ah sudahlah, lambat laun orang pasti lupa, kok. Akan tetapi, siap-siap saja menerima protes. Selain itu, berhati-hatilah memberikan saran karena dunia selalu berputar dan Anda barangkali sedang berada dibawah.

Pekerjaan: Dicaci maki.Keuangan:  Terbatas.Asmara: Sedang galau.Pasangan Serasi : Aries, Leo, Libra, Aquarius.Pasangan Tidak Serasi : Taurus, Cancer, Scorpio, Capricorn.Hari Keberuntungan :Kamis (Sumber: http://www.djfm.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=174&Itemid=105).

2.Weton

Yaitu sebuah kepercayaan bahwa watak, nasib, rejeki, jodoh dan segala hal yang menyangkut kehidupan dan penghidupan manusia ditentukan oleh weton kelahiran.

Contoh:
Senin Kliwon

“Kehormatan keluarga” adalah prinsip kalangan Senin Kliwon. Anda terkenal karena pengabdian anda terhadap orang tua, anak, kakak-adik, bahkan sering pula kerabat jauh. Anda bersedia mengorbankan semuanya untuk membela keluarga anda. Anda memiliki perasaan yang kuat terhadap asal anda, bahkan mungkin juga terhadap negara tempat anda lahir. Sayangnya, segala hal cenderung terlalu dimasukkan hati, sehingga anda mudah tersinggung. Terkadang perlu waktu untuk membuat anda tenang kembali. Meskipun demikian, pada dasarnya anda mudah memaafkan dan tidak suka mendendam. Anda pandai dengan kata-kata dan mungkin dapat menjadi seorang pembicara atau penulis yang baik jika anda tertarik pada pekerjaan semacam itu. Orang lain menghargai keramahan, kesopanan dan kelembutan anda yang terpuji. (Senin: http://ramalansifat.blogspot.com/2011/08/sifat-berdasarkan-hari-pasar-kliwon.html).

3.Hari lahir

Yaitu sebuah kepercayaan bahwa watak, nasib, rejeki, jodoh dan segala hal yang menyangkut kehidupan dan penghidupan manusia ditentukan oleh hari lahir.

Contoh:

Hari Senin

Royal, suka memberi dengan ikhlas, di waktu yang bersamaan maka mereka tidak bisa menyimpan uang, senang akan kebenaran, mudah tersinggung dan tidak pandai bicara.

4.Tanggal lahir

Yaitu sebuah kepercayaan bahwa watak, nasib, rejeki, jodoh dan segala hal yang menyangkut kehidupan dan penghidupan manusia ditentukan oleh tanggal lahir.

Contoh:

1 Januari   Mudah tersinggung perasaannya, pemikirannya cerdas dan manis budi bahasanya dan memiliki sifat-sifat aneh dan ada kemungkinan mengembara. Karena sifatnya yang murah hati dan kalau kurang waspada mudah menjadi korban penipuan.

5.Bulan lahir

Yaitu sebuah kepercayaan bahwa watak, nasib, rejeki, jodoh dan segala hal yang menyangkut kehidupan dan penghidupan manusia ditentukan oleh bulan lahir.

Contoh:

Februari

Orang yang lahir di bulan ini biasanya gampang marah tetapi gampang memaafkan, suka membantu orang lain. Memiliki sifat suka berpetualang, mencari hal yang aneh-aneh. Memiliki teman banyak tapi musuhnya juga banyak. Nasibnya sering berubah-ubah. Jodoh yang cocok untuk yang lahir bulan ini adalah tipe orang yang bisa jadi sahabat sejati, apa adanya, saling mengingatkan supaya tidak terjerumus jebakan orang dan harus orang yang sanggup menghadapi sifat orang bulan ini yang senang tantangan. Jodoh yang cocok itu biasanya berpenampilan berwibawa, alisnya tebal, dan matanya tajam. Orang yang lahir bulan ini biasanya akan mendapatkan jodoh yang punya jabatan tinggi dan kaya sehingga terkadang jadi harus berada di bawah pasangan. Jika punya anak pertama perempuan akan lebih baik.(Sumber: http://www.m-indo.com/lucky-hoki/horoskop-sepasang.php).

6.Tahun lahir (shio)

Yaitu sebuah kepercayaan bahwa watak, nasib, rejeki, jodoh dan segala hal yang menyangkut kehidupan dan penghidupan manusia ditentukan oleh tahun kelahiran tertentu.

Contoh:

Shio Kerbau .Dilahirkan sebagai pemimpin, kamu menjadi inspirasi untuk orang di sekitar kamu. Kamu memilih metode konservatif dan berbakat menggunakan tangan kamu. Sangat mengharapkan segala sesuatu berjalan sesuai dengan pilihan kamu. Shio kerbau akan sangat berhasil sebagai dokter, jendral atau penata rambut.Tahun kelahiran : 1925, 1937, 1949, 1961, 1973, 1985, 1997, 2009. (Sumber: http://astiputriutami.blogspot.com/2012/10/ramalan-shiozodiak-berdasarkan-tahun.html).

7.Tulisan tangan (graphology)

Yaitu sebuah kepercayaan bahwa watak, nasib, rejeki, jodoh dan segala hal yang menyangkut kehidupan dan penghidupan manusia ditentukan oleh bentuk tulisan tangan.

Contoh:
Kemiringan.Miring ke kanan, Orang dengan tulisan seperti ini biasanya memiliki karakter yang impulsif emosional aktif suka bergaul ramah menyukai tantangan lebih terbuka (ekstrovert) dan ekspresif.

Miring ke kiri, Jenis tulisan seperti ini biasanya penulisnya bersikap menutup diri (introvert). Lebih protektif selalu berpikir logis dan mencerminkan sifat seseoarang yang lebih menarik diri.

Tegak Lurus, Orang yang memiliki tulisan tegak lurus mencerminkan seseorang yang bisa mengontrol diri dan bisa menahan perasaanya. Tidak suka diatur dan mempertimbangkan sesuatu lebih ke pikiran dari pada perasaan. (Sumber: http://www.apakabardunia.com/2013/05/mengenal-lebih-dekat-tulisan-tangan-dan.html).

8.Tanda tangan

Yaitu sebuah kepercayaan bahwa watak, nasib, rejeki, jodoh dan segala hal yang menyangkut kehidupan dan penghidupan manusia ditentukan oleh bentuk tanda tangan.

Contoh:

Tanda Tangan dengan Huruf Yang Tidak Bersambung

Mereka ini sangat baik terhadap orang lain. Mempunyai hati yang baik, tidak mementingkan diri dan siap berkorban untuk kepentingan dan kebahagiaan orang yang di sayangi. Tapi apabila terlalu banyak perkara yang mereka pikirkan, ini menyebabkan mereka akan cepat tersinggung. (Sumber: http://ramalansifat.blogspot.com/2011/08/sifat-dari-bentuk-tanda-tangan_27.html).

9.Garis tangan (palmistry)

Yaitu sebuah kepercayaan bahwa watak, nasib, rejeki, jodoh dan segala hal yang menyangkut kehidupan dan penghidupan manusia ditentukan oleh bentuk garis tangan.

Contoh:

Garis Korset (Venus)

Tidak ada garis : Kepribadian yang terkendalai baik, tenang

 Bertanda jelas :anda merupakan orang yang emosional berlebihan, membutuhkan sesuatu yang merangsang dan variasi.Terlalu pendek : Berarti anda orang yang sangat menyadari perasaan orang lain.Kabur atau putus-putus : sifat anda terlalu sensitif.Memotong garis nasib dan garis matahari Jenaka : anda adalah berbakat.Berakhir pada bukit Merkuri : Berarti anda orang yang Mempunyai cadangan tenaga yang besar, tetapi mempunyai kecendrungan menjadi ekstrem. Menelusuri sisi tangan : bukan berbentuk setengah linkaran Bimbang, gentar.(Sumber:http://www.simpleaja.com/2012/01/cara-membaca-garis-tangan.html)

10.Tahi lalat

Yaitu sebuah kepercayaan bahwa watak, nasib, rejeki, jodoh dan segala hal yang menyangkut kehidupan dan penghidupan manusia ditentukan oleh letak tahi lalat.

Contoh:

Pelipis Kiri: punya jiwa social, hatinya mudah tersentuh melihat penderitaan orang lain sehingga terkadang rela memberi barang satu-satunya kepada orang lain yang dianggap lebih membutuhkan.

(Sumber: http://ramalansifat.blogspot.com/2011/08/sifat-dari-letak-tahi-lalat.html).

11.Bentuk wajah

Yaitu sebuah kepercayaan bahwa watak, nasib, rejeki, jodoh dan segala hal yang menyangkut kehidupan dan penghidupan manusia ditentukan oleh bentuk wajah.

Contoh:

Wajah Kayu (berbentuk segitiga terbalik atau lebar dahi lebih besar daripada lebar pipi/rahang). Orang demikian suka belajar, betah tinggal di satu tempat, mempunyai aspirasi, murah hati. Contohnya Nostradamus, Abraham Lincoln, Putri Diana, F. Widayanto (Sumber: http://ramalansifat.blogspot.com/2011/08/sifat-orang-dari-bentuk-wajah.html).

12.Golongan darah

Yaitu sebuah kepercayaan bahwa watak, nasib, rejeki, jodoh dan segala hal yang menyangkut kehidupan dan penghidupan manusia ditentukan oleh golongan darah.

Contoh:
ifat golongan darah a : terorganisir, berkelanjutan, jiwa kerja sama tinggi, perfeksionis, serta condong gampang kuatir. (Sumber: http://ramalansifat.blogspot.com/2013/05/sifat-berdasarkan-golongan-darah.html).

13.Angka sial (numerology)

Yaitu sebuah kepercayaan bahwa watak, nasib, rejeki, jodoh dan segala hal yang menyangkut kehidupan dan penghidupan manusia ditentukan oleh angka tertentu.

Contoh:
Di berbagai gedung tinggi di China, tidak ada yang namanya lantai 13 dan 14. Menurut kepercayaan mereka, kedua angka tersebut tidak membawa hoki. Di Barat, angka 13 juga dianggap angka sial. Demikian pula di berbagai belahan dunia lainnya. Kalau kita perhatikan nomor-nomor di dalam lift gedung-gedung tinggi dunia, Anda tidak akan jumpai lantai 13. Biasanya, setelah angka 12 makalangsung ‘loncat’ ke angka 14. Atau dari angka 12 maka 12a dulu baru 14. Fenomena ini terdapat di banyak negara dunia, termasuk Indonesia. (Sumber: http://www.eramuslim.com/berita/tahukah-anda/mengapa-13-dianggap-angka-sial.htm#.UomLKCcgtkg)

14.Hari sial

Yaitu sebuah kepercayaan bahwa watak, nasib, rejeki, jodoh dan segala hal yang menyangkut kehidupan dan penghidupan manusia ditentukan oleh hari tertentu.

Contoh:
Hari lahir Minggu. Hari sialnya Jumat.Hari beruntung Selasa

Hari lahir Senen. Hari sialnya Sabtu.Hari beruntung Rabu

Hari lahir Selasa.Hari sialnya Minggu.Hari beruntung Kamis

Hari lahir Rabu.Hari sialnya Senin.Hari beruntung Jumat

Hari lahir Kamis.Hari sialnya Selasa.Hari beruntung Sabtu

Hari lahir Jumat.Hari sialnya Rabu.Hari beruntung Minggu

Hari lahir Sabtu.Hari sialnya Kamis.Hari beruntung Senin

(Sumber: http://peperonity.com/go/sites/mview/stayindoors-02/24592240).

15.Kondisi dan posisi rumah (feng shui)

Yaitu sebuah kepercayaan bahwa watak, nasib, rejeki, jodoh dan segala hal yang menyangkut kehidupan dan penghidupan manusia ditentukan oleh posisi dan kondisi rumah atau bangunan.

Contoh:
Jangan dekat dengan kuburan

Jangan tinggal dekat rumah sakit

Jauh dari tempat pemotongan hewan (jagal)

Jangan tinggal di dekat jalan tol, rel kereta api

Mungkin ada beberapa lagi lingkungan yang perlu dihindari

Tidak dekat dengan menara listrik tegangan tinggi, menara telekomunikasi

– See more at: http://www.tionghoa.info/rumah-yang-baik-menurut-fengshui/#sthash.BS10hmf8.dpuf

16.Kartu Tarot

Yaitu sebuah kepercayaan bahwa watak, nasib, rejeki, jodoh dan segala hal yang menyangkut kehidupan dan penghidupan manusia ditentukan oleh kartu Tarot.

Contoh:
Kecocokan jodoh dapat dilihat berdasarkan hari kelahiran, nama, dan juga kartu tarot. Dalam menggunakan kartu tarot untuk mengetahui kecocokan jodoh ini, kita akan menggunakan tujuh kartu tarot. Tebaran kartu tarot yang digunakan adalah tebaran hubungan untuk mengetahui bagaimana keadaan perasaan kedua belah pihak. (Sumber: http://www.cektarot.com/ramalan-kecocokan-jodoh-menggunakan-kartu-tarot.html).

17.Tahayul

Yaitu sebuah kepercayaan bahwa watak, nasib, rejeki, jodoh dan segala hal yang menyangkut kehidupan dan penghidupan manusia ditentukan oleh

Contoh:
Beras.Beras bisa melambangkan keburuntungan. Melemparkan nasi pada pasangan yang baru menikah dipercaya bisa membawa kesehatan, kekayaan, kebahagiaan, dan kemakmuran pada pasangan. (Sumber: http://food.detik.com/read/2013/09/22/130234/2365804/297/3/tahayul-makanan-garam-membawa-nasib-sial-dan-teh-membawa-jodoh-2-#bigpic).

18.Klenik

Yaitu sebuah kepercayaan bahwa watak, nasib, rejeki, jodoh dan segala hal yang menyangkut kehidupan dan penghidupan manusia ditentukan oleh tahayul.

Contoh:
Partai Amanat Nasional (PAN) mengharamkan politisinya berurusan dengan klenik dan dukun. Meskipun PAN tak memungkiri ada politisi yang percaya klenik semacam itu untuk meraih sukses. (Sumber: http://news.detik.com/read/2013/04/05/190417/2212917/10/pan-haramkam-klenik-di-dunia-politik?nd771104bcj).

19.Syirik

Yaitu sebuah kepercayaan bahwa watak, nasib, rejeki, jodoh dan segala hal yang menyangkut kehidupan dan penghidupan manusia ditentukan oleh sikap syirik.

Contoh:

Tama’im (Jimat).Tama’im adalah bentuk jamak dari tamimah, yaitu sesuatu yang dikalungkan ke leher atau bagian dari tubuh seseorang yang bertujuan mendatangkan manfaat atau menolak bala (bahaya). Bentuk jimat bisa berupa cincin, keris, tongkat, bahkan ada juga lembaran yang bertuliskan sejumlah ayat Al-Qur’an. (http://blog.student.uny.ac.id/animoonz/2013/06/08/bentuk-bentuk-syirik-abad-21/).

20.Warna Favorit

Yaitu sebuah kepercayaan bahwa watak, nasib, rejeki, jodoh dan segala hal yang menyangkut kehidupan dan penghidupan manusia ditentukan oleh warna favorit.

Contoh:

Warna biru.

Menyukai kedamaian dan ketenangan. Penyuka warna biru cenderung pasif dalam segala hal. Penyuka warna biru digambarkan pemurung karena sering sekali menyembunyikan perasaan. Hal itu pula yang menyebabkan penyuka warna biru sering mendapat kesulitan dalam menjalani hubungan dengan orang lain baik dalam pergaulan maupun percintaan, karena lebih suka menyimpan perasaan ketimbang mengatakan apa yang tidak disukai atau apa yang diinginkan. Penyuka warna biru identik dengan kepribadian yang menyenangkan dalam bercinta karena cenderung lembut dan peka terhadap pasangan. Maka digolongkan tipe romantis dan sering melakukan pendekatan dengan cara elegan.

21.Inisial Nama

Yaitu sebuah kepercayaan bahwa watak, nasib, rejeki, jodoh dan segala hal yang menyangkut kehidupan dan penghidupan manusia ditentukan oleh inisial nama.

Contoh:
Inisial “H”.

Kamu mencari pasangan yang mampu meningkatkan gairah hidup, kesenangan dan semua yang kamu cari. Kamu akan menjadi sangat murah hati terhadap pasangan apabila kamu mendapatkan komitmen. Kamu sangat kuat dan bakat kamu adalah sebenarnya investasi terhadap partner. Sebelum membuat komitmen, kamu cenderung lebih hati-hati terhadap semua gerakan.

Kamu sangat sensual dan pecinta yang sabar. Kamu perfeksionis, sulit dipuaskan dan kuat dalam kepercayaan sendiri.Orang selalu dapat percaya kapada kamu untuk bertahan dalam krisis. Kamu adalah pemimpi dalam hidup ini. (Sumber: http://ramalansifat.blogspot.com/2011/09/sifat-berdasarkan-inisial-nama.html).

22. Bentuk Bibir

Yaitu sebuah kepercayaan bahwa watak, nasib, rejeki, jodoh dan segala hal yang menyangkut kehidupan dan penghidupan manusia ditentukan oleh bentuk bibir.

Contoh:

Bila bentuk bibirnya agak tipis, memiliki kepribadian cepat terpengaruh, tidak mempunyai prinsip. (Sumber: http://ramalansifat.blogspot.com/2011/08/sifat-dari-bentuk-bibir.html).

23.Bentuk Dahi

Yaitu sebuah kepercayaan bahwa watak, nasib, rejeki, jodoh dan segala hal yang menyangkut kehidupan dan penghidupan manusia ditentukan oleh bentuk dahi.

Contoh:
Bila dia mempunyai dahi dengan dua tonjolan tulang di atas kedua mata yang mirip seperti tanduk. Hal tersebut menunjukkan bahwa dia menjalani masa kanak-kanak yang sulit dan akan meninggalkan rintangan di sepanjang hidupnya. Lelaki ini cenderung terlalu agresif dan selalu memulai hidupnya dengan melewati rintangan, semakin bertambah usia maka akan mempengaruhi perilakunya serta reaksinya terhadap orang lain. (Sumber: http://ramalansifat.blogspot.com/2011/08/sifat-dari-bentuk-dahi.html).

24.Bentuk Kuku

Yaitu sebuah kepercayaan bahwa watak, nasib, rejeki, jodoh dan segala hal yang menyangkut kehidupan dan penghidupan manusia ditentukan oleh bentuk kuku.

Contoh:
Kuku Bentuk Oval

Menandakan sifat orang yang :

– romantis

– khawatir

– kemungkinan mudah merajuk.

(Sumber: http://ramalansifat.blogspot.com/2011/08/sifat-dari-bentuk-kuku.html).

25.Tahayul modern

Yaitu sebuah kepercayaan bahwa watak, nasib, rejeki, jodoh dan segala hal yang menyangkut kehidupan dan penghidupan manusia ditentukan oleh tahayul moderen.

Contoh:

Partai politik. Sekitar 70% masyarakat Indonesia percaya bahwa parpol bisa mengubah nasib bangsa dan negara menjadi lebih baik dan bisa meningkatkan kesejahteraan rakyat. Kenyataannya semua parpol mempunyai perilaku yang sama. Yaitu: 1.Ingin menang. 2.Ingin berkuasa. 3.Ingin mendapatkan proyek besar.4.Ingin memperkaya diri sendiri dan 5.Ingin mempertahankan kekuasaannya. Semuanya dengan segala cara, jujur maupun tidak jujur. Memang mereka memperjuangkan nasib bangsa dan negara, tetapi itu merupakan prioritas ke-999. Tahayul moderen bekembang pesat di Indonesia karena 70% masyarakat Indonesia tidah faham politik dalam arti yang sesungguhnya.

 Dan, masih banyak ilmu-ilmu semu lainnya yang bertebaran di Indonesia.

Kenapa percaya pada ilmu-ilmu semu?

Ada beberapa sebab kenapa masih ada dan mungkin masih banyak masyarakat Indonesia yang masih percaya pada ilmu-ilmu semu.

-Wawasan berpikirnya kurang luas karena minimnya informasi, pengetahuan dan ilmu pengetahuan yang dimiiki.

-Tidak memiliki kecerdasan berpikir karena tidak mampu berpikir secara logis dan benar karena tidak didukung ilmu logika yang memadai.

-Pemahaman terhadap agamanya lemah.

-Berpendidikan sangat rendah.

-Tidak mempunyai kemampuan berpikir secara cerdas

Kesimpulan

-Ilmu semu adalah ilmu yang tidak bisa dibuktikan secara ilmiah murni

-Ilmu semu tidak didukung oleh ajaran agama apapun juga

-Ilmu semu jika terbukti benar, itu semata-mata karena faktor kebetulan

Normal
0

false
false
false

EN-US
X-NONE
X-NONE

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin-top:0cm;
mso-para-margin-right:0cm;
mso-para-margin-bottom:10.0pt;
mso-para-margin-left:0cm;
line-height:115%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-fareast-font-family:”Times New Roman”;
mso-fareast-theme-font:minor-fareast;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;}

Catatan:

Beberapa ilmu semu (pseudo science) memang dipelajari di fakultas psikologi, tetapi tidak berarti ilmu semu itu merupakan ilmu pengetahuan ilmiah (real science).

Saran

Masalah nasib dan lain-lain, sebaiknya dikembalikan kepada ajaran agama masing-masing.

Hariyanto Imadha

Pengamat perilaku

Sejak 1973


Kategori