Oleh: psikologi2009 | Februari 20, 2014

PSIKOLOGI: Pertanyaan-Pertanyaan Sekitar Indera Keenam

FACEBOOK-PsikologiPertanyaanPertanyaanSekitarInderaKeenam

PERNAH mendengar nama “Jayabaya” atau “Joyoboyo”, Raja Kerajaan Kediri yang terkenal dengan prediksi-prediksinya? Orang yang tidak faham psikologi tentu akan mengatakan Jayabaya itu paranormal atau dukun. Bahkan ada yang berpendapat Jayabaya mendengarkan bisikan-bisakan dari setan yang mencuri informasi dari malaikat di mana malaikat selalu mengetahui rencana-rencana Tuhan. Semua itu anggapan-anggapan orang yang awam psikologi. Karena awam psikologi, maka muncullah komentar-komentar yang asal bunyi dan biisa menyesatkan banyak orang.

Kesalahpahaman

Kesalahpahaman bisa muncul antara lain karena orang belum faham tentang sesuatu hal yang baru.

Contoh:
1.Ketika Fakultas Psikologi UI dibuka, maka orang-orang tertawa sinis dan mengatakan fakultas psikologi hanya untuk orang-orang yang sakit jiwa.  Benarkah anggapan itu? Ternyata salah.

2.Ketika Fakultas Filsafat UGM dibuka, orang-orangpun berkomentar sinis dan mengatakan, fakultas filsafat hanya untuk orang-orang gila. Benarkah anggapan itu? Ternyata salah.

Kesalahpahaman orang tentang indera keenam

Orang yang belum faham indera keenampun bisa salah faham,Ada yang mengatakan indera keenam itu:

-Indera keenam ilmunya dukun, paranormal, klenik atau mistik.

-Indra keenam itu bisikannya setan yang mencuri informasi dari malaikat yang mengetahui rencana-rencana Tuhan

-Indera keenam itu pikiran-pikiran kosong, halusinasi, ilusi, delusi, tipuan indera dan semacamnya

-Indera  keenam itu tidak ada di otak kiri, tegah maupun kanan

-Indra keenam itu rekayasa pikiran, mengada-ada, spekulatif

-Bahkan ada yang membawa-bawa ayat Al Qur’an untuk meyakinkan bahwa indera keenam itu tidak ada

Dan masih banyak kesalahpahaman yang diucapkan atau ditulis oleh orang-orang yang justru tidak memiliki kemampuan indigo, tepatnya indera keenam. Merekapun tidak bisa membuktikan secara ilmiah bahwa indera keenam itu klenik, mistik atau bisikan setan.

A.Apakah indera keenam itu?

1.Indera keenam berperan sebagai indera untuk menangkap informasi tentang dunia sekitar yang tidak bisa diperoleh dengan indera biasa. Dalam bahasa inggris, indera keenam dikenal dengan istilah sixth sense. Adapun dalam istilah teknis parapsikologi, indera keenam dikenal dengan istilah extra sensory perception atau disingkat ESP (Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Indera_keenam)

2.Indera keenam adalah kemampuan spiritual seperti intuisi, firasat , feeling, instink, yang muncul di dalam pikiran secara tiba-tiba, dalam bentuk sinyal-sinyal, kode-kode, isyarat-isyarat, angka-angka, gabar-gambar,bayangan-bayangan . yang masih harus dijabarkan oleh pemilik indera keenam tersebut. Jika analisa dan penjabarannya benar, maka benar juga apa yang diisyaratkan indera keenam itu. Jika analisa dan penjabarannya salah, maka salah juga penjabarannya. Indera keenam tidak mungkin salah, yang salah adalah analisa dan penjabarannya. Munculnya indera keenam tidak bisa direncanakan, tidak atas permintaan, tidak atas pertanyaan, tidak atas jadwal dan tidak bisa dipaksakan. Indera keenam muncul secara tiba-tiba dan alamiah. Indera keenam merupakan metafisika-psikologi. (Oleh :Hariyanto Imadha)

B.Beda indera keenam dan bukan indera keenam

Indera keenam:

Munculnya indera keenam tidak bisa direncanakan, tidak bisa dusengajakan, tidak atas permintaan, tidak atas pertanyaan, tidak atas jadwal dan tidak bisa dipaksakan. Indera keenam muncul secara tiba-tiba dan alamiah. Merupakan energi spiritual (intusi, firasat, feeling dan instink).

Bukan indera keenam:

Munculnya indera keenam bisa direncanakan, bisa dusengajakan, bisa  atas permintaan, bisa atas pertanyaan, bisa atas jadwal dan  bisa dipaksakan. Indera keenam muncul secara terencana dan tidak alamiah. Merupakan tipuan pikiran.

C.Apakah indera keenam itu benar-benar ada?

Kita ambil bukti yang diakui sebagian besar orang Indonesia, atau sebagian besar orang Jawa, yaitu prediksi-prediksi Jayabaaya yang hampir semuanya terbukti. Prediksi-prediksi Jayabaya sebenarnya hanya merupakan kumpulan kalimat-kalimat simbolis yang kemudiakan dirapikan oleh pujangga Ronggowarsito sehingga berbentuk “Jongko Joyoboyo”. Prediksi Jayabaya merupakan bukti tidak langsung bahwa indera keenam memang ada. Sebab, Jayabaya adalah seorang parapsikolog yang mempunyai indra keenam dan bukannya paranormal yang menggunakan prediksinya berdasarkan imu kira-kira.

D.Apakah semua orang punya indera keenam?

Semua orang punya energi spiritual, terutama yang berbentuk intuisi, firasat, feeling atau instink yang tak lain merupakan ciri-cira indera keenam. Semua orang punya. Cuma, ada yang memiliki indera keenam aktif sejak lahirnya dan ada yang diaktifkan ketika dewasa dan ada yang seumur hidupnya tidak pernah diaktifkan . Semua orang pasti punya indera keenam (intuisi, firasat, feeling dan instink).

E.Bagaimana bentuknya indera keenam?

Indera keenam berbentuk energi spiritual. Merupakan metafisika,psikologi. Indra keenam memang abstrak atau tidak kongkrit. Namun pengertian abstrak di sini adalah di dalam konteks metafisika-psikologi, bukan di dalam konteks “ghoib”.

F.Apakah indera keenam bukan pikiran?
Bukan. Indera keenam bukan pikiran. Bukan pikiran karena cara kerja indera keenam bukan berdasarkan logika atau pikiran, tetapi muncul secara tiba-tiba berupa sinyal-sinyal spiritual.

G.Di mana letaknya indera keenam?

Pertanyaan itu sama dengan pertanyaan :” Di manakah letak intuisi, firasat dan instink manusia?”. Suit dijawab. Rasio atau logika manusia mungkin tidak bisa menjawabnya. Sebab, wilayah indera keenam bukan wilayah rasio/akal/otak tetapi wilayah spiritual. Orangpun tidak tahu di mana letaknya dosa manusia.

H.Benarkan indera keenam merupakan tipuan pikiran?

Indera keenam bukan wilayahnya pikiran/akal/rasio/otak. Melainkan energi spiritual yang merupakan sinyal-sinyal di mana sinyal-sinyal itu masih harus dijabarkan oleh pemilik indra keenam. Penjabaran bisa salah dan bisa benar. Jika penjabaran salah, tidak berarti indera keenamnya yang salah, melainkan penjabarannya yang salah. Penjabaran yang salah itulah yang diklaim sebagai tipuan pikiran. Padahal, indera keena sama sekali bukan pikiran.

I.Apa ciri2 org yg punya indera keenam?

Pada dasarnya, indera keenam sejak lahir langsung aktif, dimiliki anak-anak atau orang-orang indigo. Ciri-ciri orang yang mempunyai indera keenam sama persis dengan orang-orang yang memiliki kemampuan indigo.” Anak indigo atau anak nila (bahasa Inggris: Indigo children) adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan anak yang diyakini memiliki kemampuan atau sifat yang spesial, tidak biasa, dan bahkan supranatural. Konsep ini merupakan ilmu semu yang didasarkan pada gagasan Zaman Baru pada tahun 1970-an. Konsep ini mulai terkenal setelah diterbitkannya beberapa buku pada akhir tahun 1990-an dan dirilisnya beberapa film satu dasawarsa kemudian. Interpretasi mengenai indigo ada bermacam-macam: dari yang meyakini bahwa mereka adalah tahap evolusi manusia selanjutnya (yang bahkan mempunyai kemampuan paranormal seperti telepati) hingga yang menyebut anak indigo sebagai orang yang lebih empatik dan kreatif. (Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Anak_Indigo)”

J.Apakah indera keenam termasuk wilayah ilmu semu (pseudo science)?

Ada dua pengertian pseudo science. Pertama:Ilmu semu yang berdasarkan rekayasa manusia (ramalan bintang, ramalan shio, ramalan kartu Tarot, ramalan Feng Shui dan lain-lain). Kedua : Ilmu semu dalam arti sebuah ilmu tentang sesuatu objek yang diyakini pasti ada, tetapi belum bisa dibuktikan atau tidak bisa dibuktikan secara ilmiah karena terbatasnya perkebangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Indera keenam termasuk ilmu semu kedua ini.

K.Betulkah indera keenam bisikan setan?

Itu pendapat dari sudut agama Islam. Ada ulama yang mengaitkan indera keenam dengan ayat suci Al Qur’an, terutama QS: Luqman Ayat 34. Boleh saja kalau ada ulama berpendapat demikian. Tetapi jangan lupa bahwa Islam terdiri dari 73 aliran karena akibat perbedaan cara berlogika. Pendapat ulama sedunia juga tidak selalu sama. Jadi, masalah agama adalah masalah “percaya” atau “tidak percaya”. Yang pasti,ulama yang berpendapat demikian tidak bisa membuktikan bahwa indera keenam itu bisikan setan. Setan yang mana? Ulamapun bisa salah konteks dalam penerapan ayat-ayat suci Al Qur’an. Tidak perlu diperdebatkan karena ini bukan bidangnya psikologi.

L.Apakah indera keenam tidak bisa salah?

Indera keenam tidak bisa salah. Yang bi8sa salah adalah penafsirannya atau penjabarannya. Kenapa tidak bisa alah? Karena indera keenam adalah kemampuan lebih, kemampuan yang tidak biasa. Sudah banyak orang-orang indigo yang ditemukan para ilmuwan. Dan para ilmuwan percaya bahwa orang-orang indigo memang ada.

M.Apa bedanya indigo dengan indera keenam

Indigo adalah manusia yang mempunyai kemampuan lebih. Indera keenam adalah salah satu kelebihan yang dimiliki manusia indigo. Manusia indigo pasti mempunyai kemampuan ESP (Extra Sensory Perception).

N. Adakah beberapa contoh orang yang memiliki indera keenam?

Antara lain ada tujuh selebriti (asing) yang mempunyai indera keenam. Tonton videonya di:

http://www.youtube.com/watch?v=frOosddFN6s

O.Bisakah indera keenam dibuktikan secara imiah?

Indera keenam bisa dikembangkan dengan metode-metode yang sangat sederhana. Tetapi tidak bisa dibuktikan secara ilmiah sebab wilayahnya adala spiritual (metafisika-psikologi). Namun sudah ada ilmuwan yang menemukan bahwa orang-orang yang memiliki indera keenam ternyata mempunyai DNA yang berneda dengan orang biaya (Lee Caroll dan Jan Tober).

P.Apakah indera keenam termasuk dunia mistik?

Salah 1000%. Sebab indera keenam adalah wilayahnya spiritual. Tidak ada hubungannya dengan hal-hal yang bersifat gaib. Tidak ada hubungannya dengan setan, iblis, jin maupun malaikat.

Q.Kapan munculnya indera keenam?

Indera keenam tiba-tiba muncul saat panca indera tidak berfungsi secara optimal karena pancaindera hanya mampu menangkap hal-hal yang bersifat fisik dan tidak mampu menangkap hal-hal yang bersifat spiritual.

R.Betulkah orang yang memiliki indera keenam  memiiki IQ tinggi?

Rata-rata orang yang memiliki indera keenam mempunyai IQ yang tinggi. Tapi harus dipahami, sesungguhnya semua orang mempunyai indera keenam walaupun tidak mempunyai IQ tinggi.

S.Apakah indera keenam sama dengan indigo?

Sebenarnya serupa tapi tidak sama. Orang indigo pastilah mempunyai kemampuan indera keenam. Namun orang yang mempunyai kemampuan indera keenam belum tentu dia seorang indigo.

T.Bagaimana cara mengaktifkan indera keenam?

Banyak teorinya (berdasarkan praktek). Misalnya dengan cara latihan menebak sepuluh angka di sepuluh kartu yang dikocok dan diletakkan terbalik. Atau menebak jumlah butir-butir dadu yang akan keluar dan lain-lain. Harus ditebak berdasarkan sinyal yang keluar saat itu. Perlu latihan dengan jangka waktu yang relatif lama. Juga ada cara-cara lainnya, antara lain semedi (dalam arti mengosongkan pikiran) dan lain-lain.

U.Apakah indera keenam tidak bertentangan dngan ajaran agama?

Indera keenam yang murni (berdasar spiritual) tentu tidak bertentangan denganagama sebab wilayahnya adalah metafisika-psikologi. Sedangkan indera keenam yang berdasarkan metafisika-klenik (ramalan bintang, ramalan kartu Tarot dan semacamnya) yang termasuk tidak rasional, bisa dianggap bertentangan dengan agama.

V.Apakah memprediksikan sesuatu yang akan terjadi tidak berarti endahului rencana Tuhan?

Pastilah mendahului rencana Tuhan. Oleh karena itu prediksi-prediksi berdasarkan indera keenam tidak boleh dipercaya 100%. Cukup dipercaya 50% saja, sebab sesungguhnya hanya Tuhan Yang Maha Tahu. Tetapi ada pendapat lain yang mengatakan bahwa, memang ada beberapa manusia tertentu yan dipercaya Tuhan untuk memberitakan sesuatu dan diberilah manusia itu kemampuan indigo atau indera keenam sejak lahir sejak lahir.

W.Apakah indera keenam ada hubungannya dengan pikiran?

Indera keenam memang bukan pikiran, tetapi ada hubungannya dengan pikiran. Artinya, sinyal-sinyal indera keenam harus dijabarkan secara rasional atau harus bisa diinformasikan berdasarkan pikiran atau diterjemahkan dalam bentuk pikiran/kata-kata.

X. Adakah beberapa contoh prediksi Jayabaya yang terbukti?

Prediksi Jayabaya yang sudah terbukti antara lain: (1). Besuk yen wis ana kreta tanpa jaran — Kelak jika sudah ada kereta tanpa kuda (mobil). (2). Tanah Jawa kalungan wesi — Pulau Jawa berkalung besi (kereta api). (3). Perahu mlaku ing dhuwur awang-awang — Perahu berjalan di angkasa (pesawat terbang). (4). Kali ilang kedhunge — Sungai kehilangan mata air. (5). Pasar ilang kumandhang — Pasar kehilangan suara (supermarket, pasar swalayan dan semacamnya). Dan lain-lain.

Y.Kenapa prediksi Jayabaya tentang No-To-Na-Go-Ro tidak terbukti atau salah?

Jayabaya memprediksikan, Indonesia akan memiliki presiden dengan nama akhir: No-To-Na-Go-Ro. Ini bukan merupakan urutan-urutan Soekar(NO), Soehar(TO) dan seterusnya. Melainkan Indonesia akan memiliki presiden dengan masa jabatan dua periode atau lebih dengan nama akhir No-To-Na-Go-Ro. Jadi, yang salah bukan prediksi Jayabaya, tetapi penafsirannyalah yang salah.

Z. Pembuktian indigo (indera keenam) secara imiah:
Istilah indigo child pertama kali dipopulerkan oleh Lee Carroll dan Jan Tober,

Melalui buku mereka yang berjudul The Indigo Children: The New Kids Have Arrived.

Lee dan Jan bilang, indigo child adalah orang yang memperlihatkan serangkaian kemampuan psikologis yang baru dan tidak biasa. Indigo child berlaku bukan hanya untuk anak-anak, tetapi juga dimiliki remaja, dewasa dan orang tua. Indigo artinya campuran warna ungu dan biru. Indigo termasuk kategori metafisika-psikologi).

Indigo dan indera keenam merupakan evolusi DNA

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa susunan DNA para manusia indigo  berbeda dengan susunan DNA manusia kebanyakan. DNA itu kan bertugas menyampaikan informasi genetik dalam sebuah sel.Umumnya, dalam susunan DNA manusia ada bagian-bagian yang disebut junk DNA.

Pada seorang indigo , bagian itu plus beberapa bagian lainnya yang belum teridentifikasi oleh para ilmuwan, memperlihatkan susunan yang lebih rapih dan lebih giat bekerja dibandingkan pada orang-orang yang bukan indigo. (Ulasan ini bidangnya “Biologi” dan bukan ruang lingkup “Psikologi” dan tidak dibahas di sini). Bacaan lebih lanjut: http://voices.yahoo.com/the-indigo-children-by-lee-carroll-jan-tober-4529629.html).

Kesimpulan:

1.Masih banyak orang salah faham tentang indera keenam. Ada yang menganggap indera keenam itu tipuan pikiran, bisikan setan, klenik, mistik, paranormal dan lain-lain. Padahal indera keenam memiliki sifat-sifat yang sama dengan intuisi, firasat, feeling atau istink yang wilayahnya adalah spiritual.

2.Semua orang memiliki intuisi, firasat, feeling dan instink yang berarti semua orang sebenarnya mempunyai indera keenam.

3.Indera keenam wilayahnya adalah metafisika-psikologi dan bukan metafisika-klenik.

4.Indera keenam bisa dipelajari dan bisa dikembangkan dengan metode-metode yang sederhana.

5.Ada yang berpendapat bahwa indera keenam adalah bisikan setan.  Mereka hanya mengambil ayat suci agama dan dicocok-cocokkan dengan indera keenam, tapi tidak bisa membuktikan secara ilmiah. Mereka mencampurkan wilayah metafisika-psikologi (indera keenam) dengan metafisika-klenik.

6.Ada beberapa penelitian lmiah yang keliru menentukan objek penelitiannya. Mereka mengira indera keenam ada di otak atau pikiran, padahal indera keenam merupakan kemampuan spiritual (energi spiritual).

7.Ada beberapa penelitian atau pendapat kontra adanya indera keenam yang ternyata dilakukan oleh orang-orang yang tidak memiliki kemampuan indigo, terutama indera keenam.

8.Mereka yang berpendapat bahwa indera keenam adalah bisikan setan, klenik, mistik, paranormal dan lain-lain, sampai hari ini tidak bisa membuktikan pendapatnya secara ilmiah.

Catatan:

Untuk membuktikan apakah Anda memiliki kemampuan indigo atau indera keenam, bisa melakukannya dengan cara melakukan Foto Aura di Mal Mangga Dua Lantai 2 No.46, Jl. Mangga Dua, Jakarta dengan biaya sekitar Rp 250.000 (tahun 2013) degan catatan kalau belum naik (tidak perlu membeli kristal).

 Sumber: Dari berbagai sumber.

Hariyanto Imadha
Pengamat perilaku
Sejak 1973

Iklan

Kategori