Oleh: psikologi2009 | Februari 25, 2014

PSIKOLOGI: Status Facebook Bisa Deteksi Sifat Psikopat

FACEBOOK-PsikologiStatusFacebookBisaDeteksiSifatPsikopat

PANGANTAR PENULIS: Penulis pernah membuat artikel berjudul :” Memancing Munculnya Facebooker Pengidap Psikopat” berdasarkan komentar-komentarnya. Apakah hanya komentator saja yang bisa mengidap psikopat? Tidak! Pembuat status juga ada dan bisa dikategorikan sebagai pengidap psikopat. Di bawah ini adalah “copy-paste” sebuah artikel tentang hal tersebut (Hariyanto Imadha).

TEMPO.CO, Jakarta – Apa yang biasa Anda lakukan saat masuk ke Facebook? Mungkin menulis status, mengganti foto profil, atau hanya sekedar mengomentari teman. Ternyata tanpa disadari, apa yang ditulis pada sosial media itu bisa menentukan apakah ada sisi psikopat dalam diri Anda.

Anggota tim peneliti dari Sahlgrenska Academy di Gothenburg dan Lund University menemukan ada “sisi gelap” dari penilaian semantik berdasarkan update status seseorang, disebut Dark Triad of Personality. Teori tersebut biasanya ditemukan pada sebuah novel fantasi dewasa.

Namun, pada kasus ini, Dark Triad of Personality juga meliputi orang yang narsisme, machiavellianism (berbohong untuk keuntungan diri sendiri), dan psikopat. Untuk bisa menemukan data, para peneliti memeriksa update status dari 304 pengguna di Amerika Serikat dan memberikan tes kepribadian.

“Kami melihat update status Facebook pada responden ini dan menganalisis apakah ada hubungan antara ciri tersebut dan ciri kepribadian seseorang,” kata Sverker Sikström, ketua penelitian.

Dikutip dari situs Digital Trend, Senin, 1 Desember 2013, setelah melakukan analisis, mereka menemukan bahwa responden yang sering menggunakan kata atau frasa negatif lebih cendering memiliki sifat psikopat. Sifat psikopat itu juga ditemukan bagi mereka yang sering mengucapkan kata-kata berbau pornografi.

Selain lewat Facebook, Sikström dan timnya juga membuat aligoritma untuk menilai sifat psikopat pada jejaring sosial lainnya, seperti Twitter. Jadi, cara Anda berkomunikasi lewat sosial media bisa menentukan indikator kepribadian atau masalah psikologi yang serius seperti psikopat.

Disalin sesuai aslinya dari:
Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2013/12/03/072534172/Status-Facebook-Bisa-Deteksi-Sifat-Psikopat

Catatan:

Untuk melengkapi artikel ini, baca artikel penulis di:
https://psikologi2009.wordpress.com/2012/04/30/psikologi-memancing-munculnya-facebooker-pengidap-psikopat/

Hariyanto Imadha
Pengamat perilaku
Sejak 1973


Kategori