Oleh: psikologi2009 | Juli 17, 2011

PSIKOLOGI: Menyoal Karakter Politik Presiden-presiden RI

MENILAI seseorang pemimpin itu ada ilmunya. Antara lain ilmu politik, psikologi dan manajemen. Dengan menggunakan pendekatan multidisipliner ini, maka pemahaman kita terhadap seorang presiden semakin luas. Bukan penilaian dari satu sudut ilmu saja, akan menghasilkan nilai-nilai yang sempit. Di bawah adalah “benang merah” karakter presiden RI sejak Soekarno hingga SBY. Diperoleh dari analisa perilaku.

1.Soekarno

SOEKARNO : Presiden yg paling berjasa untuk bangsa Indonesia.Benar2 pro rakyat.Berani mengatakan “Tidak!” utk Amerika.Berani keluar dari PBB.Berani mengatakan “Ganyang Malaysia”.Militer Indonesia jadi Macan Asia.Juara dunia pada Asian Games dll.Penggagas Konferensi Asia Afrika dan Non-Blok.Sayang,beliau terlalu konsekuen dgn faham nasionalismenya sehingga tidak mau membubarkan PKI.Amerika,melalui Soeharto,akhirnya menggulingkan Soekarno.Kita butuh pemimpin sekaliber Soekarno dan bukan pemimpin2 yang suka curhat,cengeng,penakut,peragu,pesolek dan tebar pesona.

2.Soeharto

SOEHARTO : Dialah seseorang yang melakukan “kuuddeta merangkak”.Dialah presiden yang membuat utang besar sehingga tiap warganegara dibebani utang Rp 5 juta.Rezim Soeharto pelanggar HAM terberat.Teman-teman saya di Universitas Trisakti dibantai tanpa dosa.Salah besar kalau membanggakan presiden macam dia.

3.BJ Habibie

BJ HABIBIE : Sebagai pribadi, beliau sangat jenius.IQ 200 (Albert Einstein 170).Namun sebagai presiden, beliau tak faham ilmu ekonomi.Pesawat buatan PT Nurtanio (teknologi tinggi) ditukar dgn beras ketan dari Vietnam (teknologi rendah).Kasus BLBI-pun melanda zamannya.Beliau pandai di bidang teknologi aero, tetapi awam ilmu ekonomi.Kurang cocok jadi presiden. Lebih cocok jadi ilmuwan.

4.Gus Dur

GUS DUR: Presiden yang juga ulama. gagasan-gagasan politiknya bagus.Bapak pluralisme yang baik. Sayang,beliau tak memahami psikologi politik, sehingga mudah dijegal dan dilengserkan

5.Megawati

MEGAWATI : Dipilih karena kharisma ayahnya. Sebagai presiden,tak pernah mampu memperjuangkan “wong cilik”. Mudah dikadalin menteri-menterinya. Sumber gas alam di Tangguh,Papua,dijual sangat murah ke China.Semoga tidak mencalonkan lagi pada 2014 karena pasti kalah lagi.Lebih baik jadi ibu rumah tangga dan momong cucu-cucu.

6.SBY

POLITIK: Bagi pendukung SBY tentu menilai,SBY itu sempurna seperti malaikat.Tidak mungkin salah.Tidak mungkin bohong.Tidak mungkin gagal.Tidak boleh dikritik. Padahal,bagi yang mengerti politik,psikologi dan manajemen,sebenarnya SBY merupakan pemimpin yang sukses menjadi presiden,tetapi gagal dalam melaksanakan tugas-tugasnya sebagai presiden.Tidak ada prestasi yang bisa dibanggakan.Bahkan 50% menterinya tidak berkualitas.

Hariyanto Imadha

Pengamat Perilaku

Sejak 1973

Iklan

Responses

  1. Makasih
    ,mana jokowi?


Semua komentar otomatis akan dihapus

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: