Oleh: psikologi2009 | Desember 30, 2011

PSIKOLOGI: Mengenal Pribadi yang Impulsif

PSIKOLOGI adalah ilmu yang mempelajari “perilaku kejiwaan”. Oleh karena itu, dengan mudah kita bisa mengenali pribadi-pribadi yang kita hadapi. dari perilaku fisiknya dan dari ucapan-ucapannya. Terkadang kita tak menyadari bahwa kita ternyata berpribadi impulsif. Atau, kita bisa melihat orang lain ternyata berpribadi impulsif.

Apakah pribadi impulsif itu?

Pribadi impulsif adalah perilaku manusia yang tiba-tiba berubah, tiba-tiba di luar rencana, atau sebuah sikap yang tidak didukung alasan yang kuat. Dan pada umumnya sikapnya tergolong irrasional.

Ciri-ciri pribadi impulsif

Kalau bicara atau berbuat seringkali tidak disertai alasan-alasan atau penalaran-penalaran

Contoh 1 (Impulsif ringan)

Si A adalah seorang iibu rumah tangga. Seminggu sekali belanja ke Pasar Moderen ataupun ke Indomaret atau ke Alfamart. Semua yang akan dibeli sudah dicatat secara baik-baik. Namun, ketika tiba di tempat tujuan, dia melihat barang yang baginya menarik, padahal tidak tercatat di dalam  rencana pembelian. maka, dibelilah barang iitu di luar rencana semula

Contoh 2 (Impulsif sedang)

Si B adalah tetangga kita. Semula sikapnya baik terhadap kita. Tiba-tiba sikapnya berubah. Acuh tak acuh. Tak pernah menyapa. Tak pernah mengucapkan “good morning” ataupun “assalamu’alaikum”. Alasannyapun kita tidak tahu. Untunglah dia pernah kepada Si C dan suatu saat Si C bercerita kepada kita bahwa Si B mendiamkan kita karena mengira kita membeli mobil baru dari uang korupsi. Padahal, kita membeli mobil itu secara halal.

Contoh 3 (Impulsif berat)

Si D seorang mahasiswa. Punya pacar mahasiswi namanya Si E. Semula mereka akur-akur saja. Di mana ada Si D, pasti ada Si E. Namun, entah kenapa, Si E tiba-tiba suka marah-marah. Kalau ditanya apa alasannya marah-marah, maka Si E memberi alasan yang tidak jelas. bahkan berubah-ubah. bahkan seringkali tidak ada alasannya sama sekali.

Kenapa seseorang bersikap repulsif?

Seseorang bisa bersikap repulsif karena lemahnya pendirian. Lemahnya prinsip. Lemahnya kemauan. Biasanya belum memiliki kestabilan emosi. Biasanya terjadi pada wanita atau anak-anak. Meskipun demikian, kaum pria juga bisa memiliki kepribadian ini.

Pribadi impulsif itu positif atau negatif?

Kalau terlalu sering bersikap impulsif, tentu negatif. Tetapi kalau tidak sering atau kadang-kadang, tidak begitu masalah. Namun, lebih bagus lagi kalau tidak pernah bersikap impulsif.

Bagaimana cara mengatasi sikap impulsif?

Tentu harus latihan bersikap disiplin pada rencana semula.Harus latihan melakukan sesuatu dengan alasan-alasan yang kuat. Kenapa begini kenapa begitu, harus ada alasannya yang kuat. Kenapa tidak harus begini dan tidak harus begitu, harus didukung penalaran yang rasional dan masuk akal. Artinya, tiap hal yang kita lakukan harus ada alasan dan tujuannya yang jelas. Dan ada manfaatnya.

Hariyanto Imadha

Facebooker/Blogger


Tanggapan

  1. oh akhirnya salah telah menemukan yang telah lama saya cari thanks kpd penulisnya

  2. akhirnya salah telah menemukan yang telah lama saya cari thanks kpd penulisnya,,yg telah menuliskan sifat impulsif,

  3. M

  4. koq tiba-tiba pakai kt repulsif?

  5. Waw.. Akhirnya gw bisa tau apa arti impulsif.. Yg merupakan salah satu dari sikap gw … Mudah2an bisa bermanfaat ya buat yang baca ini.. Thanks banget yg ûϑåћ buat situs ini 😀

  6. akhirnya gue tau apa itu impulsif,thanks ya

  7. Bermanfaat sekali artikelnya… Karena saya merasa diri saya ini mengalami gangguan impulsif…

    Jika ada waktu mohon berkenan untuk nerkunjung ke blog saya :

    http://www.gorigotri.blogspot.com

  8. wah.. informasi yang menarik bos. thanks infonya

  9. terima kasih banyak atas infonya : -) Dengan adanya info ini saya bisa instropeksi diri. Dan semua yg anda tuliskan benar semua ap yang saya lakukan.

  10. Seberapa parah kah seseorang yang impulsif? Apa bisa sampai membunuh orang lain tanpa sadar?

  11. Saya sagitarius, dan saya bersifat impulsif. terima kasih sudah share info yang sangat bermanfaat ini. Anda pasti diberkati Tuhan sudah memberikan informasi bagus buat banyak org. Amin.

    http://www.msn.com/id-id/berita/offbeat/sifat-buruk-pasangan-berdasarkan-zodiak/ss-BBABAdn?li=AAfukE3&ocid=wispr#image=10

  12. […] smartphone sering impulsif mengambil aplikasi yang cuma digunakan […]

  13. Rhiess cari kata impulsif.. pengen tau apa artinya ternyata ini.. krna cwok Rhiess sipat nya impulsif..
    Aku kasihan dan syg sma dia ..aku mo membimbingnya ke kehidupan dia agar dia bisa menjadi pribadi yg kuat ..sabar gk lg suka binggung dgn diri sendiri.. aku peduli sama dia krna aku syg dia.. semoga ini akan menjadi kan keberhasilan dn kebahagiaan kami ke msa depan kmi.. amin ..minta doa nya ya bagi yg baca commen aku ini ..thanks jga .

  14. Terima kasih ilmunya

  15. […] tidak bisa diperkirakan, kurang empati, impulsif, serta gampang beralih dari satu perihal ke perihal yang […]

  16. Saya sangat terbantu dngn artikel in…makasih


Semua komentar otomatis akan dihapus

Kategori