Oleh: psikologi2009 | Januari 31, 2012

PSIKOLOGI: Sepuluh Motivasi Menjadi Facebooker


SEMAKIN lama semakin banyak warga Indonesia yang bergabung ke jejaring sosial Facebook. Tentu, mootivasinya bermacam-macam. Secara umum, ada sepuluh motivasi mereka menjadi Facebooker. Apa saja itu?

Sepuluh motivasi menjadi Facebooker

1.Cuma ingin tahu
Yaitu Facebooker yang ingin tahu saja seperti apa sdih Facebook itu. Diapun membuat email,membuat akun FB, tetapi kemudian jarang membukanya. Juga jarang membuat status, komentar ataupun tanggapan. bahkan ada yang berbulan-bulan baru membuka akun FB-nya. Atau, termasuk sering membuka akun FB, tetapi Cuma ingin membaca status para Facebooker. Seringkali tidak dikomentari.

2.Mencari teman
Yaitu Facebooker yang memang punya motivasi untuk mencari teman sekolah atau mantan teman sekolah, teman kuliah atau mantan teman kuliah, teman sekantor atau mantan teman sekantor, teman sekota atau mantan teman sekota, teman seorganisasi atau mantan teman seorganisasi, teman baik, dan teman-teman lainnya.

3.Mencari pacar
Sekitar 60% Facebooker adalah kalangan remaja. Entah berapa persen, di antaranya pasti ada yang punya motivasi mencari pacar. Tidak hanya kalangan pelajar, tetapi juga kalangan mahasiswa. Dalam realita, memang banyak Facebooker yang menemukan pacar di FB. namun, tak jarang juga pacaran mereka berakhir dengan mengecewakan.

4.Mencari jodoh
Yaitu Facebooker yang ingin mencari jodoh. Tentu, kata-kata rayuannya tidak ditulis di status, melainkan di inbox Si Target. Bahkan tak jarang mereka memanfaatkan fasilitas chatting dan seterusnya. Memang, dalam realita, ada juga yang menemukan jodoh di FB ini.

5.Mencari selingkuhan
Yaitu Facebooker yang iseng. Menjadi Facebooker hanya untuk mencari teman selingkuhan. Biasanya menggunakan foto profil palsu, biodata palsu,nama palsu dan seterusnya. Kabarnya, ada juga yang berhasil menemukan pasangan selingkuhan. Tapi, pasti jumlahnya tidak banyak.

6.Curhat
Yaitu Facebooker yang memanfaatkan FB untuk sarana curhat. Biasanya ditulis di inbox milik Facebooker yang dipandang mampu memahami masalahnya. Misalnya curhat tentang masalah pribadi, masalah belajar, masalah kantor, masalah pernikahan, masalah psikologi, masalah bisnis dan masalah-masalah lainnya. Cara ini tidak buruk, bahkan merupakan langkah yang bijaksana.

7.Promosi
Yaitu Facebooker yang bertujuan memanfaatkan FB untuk memppromosikan bisnisnya. Namun harus hati-hati, terlalu sering memasang iklan di FB, bisa-bisa diremove atau dibloker Facebooker lain. Boleh saja memasang iklan, tetapi sebaiknya seminggu sekali saja.

8.Sharing
Yaitu Facebooker yang suka berbagi. Antara lain berbagi pengetahuan, ilmu pengetahuan, informasi, berita, dakwah agama, kata-kata mutiara, kata-kata bijak, artikel motivasi, berbagi gambar/foto/video,guyonan,kritik pencerahan dan status-status atau artikel-artikel lain yang bermanfaat bagi  Facebooker lain.

9.Kriminal
Yaitu Facebooker yang punya motivasi buruk atau dari komunitas yang kurang baik. Misalnya, adanya Facebooker yang bermaksud memperdaya Facebooker wanita, adanya kaum homoseks atau gay atau lesbian atau PSK yang menawarkan diri lewat inbox-inbox para Facebooker. Namun, mereka yang punya motivasi seperti ini sangat sedikit jumlahnya.

10.Lain-lain
Yaitu Facebooker yang punya motivasi lain. Misalnya, rajin membuka FB hanya untuk mencari informasi penting. Misalnya rencana reuni sekolah/kampusnya, undangan makan siang bersama, menyebarkan undangan ulang tahun, menyampaikan berita duka, mengabarkan kepindahan rumahnya dan motivasi-motivasi lainnya yang jumlahnya tidak begitu banyak.

Hariyanto Imadha
Pengamat Perilaku
Sejak 1973

 

Iklan

Semua komentar otomatis akan dihapus

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: