Oleh: psikologi2009 | September 1, 2011

PSIKOLOGI: Apakah Anda Termasuk Orang Snob (Sok)?

DEFINISI umum “snob” yaitu orang yang sok (sok tahu, sok mengerti, sok kaya, sok pintar, sok kuasa, sok suci dan sok-sok lainnya). Sikap sok adalah sikap yang berlawanan dengan kenyataan.

Misalnya:

Sok kaya, padahal tidak kaya. Sok pintar, padahal lulus S-1 butuh waktu 10 tahun. Sok tahu ilmu filsafat, padahal membaca bukunya saja tidak pernah.

Contoh 1:

Ketika kasus Bibit-Chandra merebak, maka di TV muncul orang-orang yang tak faham ilmu hukum bicara soal hukum. Padahal, kuliah di fakultas hukum saja tidak pernah.

Contoh 2:

Seorang profesor di bidang ekonomi dengan enaknya mengatakan Si A sakit jiwa hanya dalam hitungan detik saja, padahal dia tak pernah membaca buku-buku psikologi.

Contoh 3:

Orang yang sudah naik haji dirinya merasa lebih suci daripada yang belum naik haji.

Contoh 4:

Banyak orang memakai gelar S1,S2,S3 supaya dianggap pandai dan hebat, padahal lulusnya tidak cumlaude.

Walaupun belum ada survei, namun secara pandangan sosial, orang Indonesia yang memiliki sikap snob cukup banyak.

Ada beberapa jenis snob:

1. The Name Snob:

Menyebut benda tapi dengan cara menyebut merek. Misalnya Si A naik angkot, tapi ketika ditanya temannya dia naik apa, dia mengatakan naik Mercy.

2. Kennedy-it is Snob:

Menutup-nutupi asal usul yang sebenarnya. Si A berasal dari keluarga miskin, tetapi selalu memakai pakaian bagus supaya dikira anaknya orang kaya.

3. Auto-Phobia Snob:

Si A adalah cewek materialis. Ketika cowok barunya mengajak jalan-jalan naik motor, maka tiba-tiba dia bilang sedang masuk anginlah, capek lah, dll. Maklum, Si A anaknya orang kaya yang tidak pernah naik motor. Naik mobil melulu.

4. Shopping Secrets Snob:

Ingin berbelanja di toko yang menjual barang-barang murahan tetapi malu kalau sampai ketahuan teman. Maka, dia menyuruh orang lain untuk membeli barang itu.

5. Bling Bias Snob:

Si A menilai kesuksesan orang hanya dari segi kekayaannya saja. Tidak kepada kepribadiannya,kepandaiannya, dll.

6. Food Fears

Si A sok gengsi. Tidak mau makan di warteg dengan alasan kesehatannya kurang terjamin dan alasan lain-lain. Seolah-olah dia terbiasa makan di restoran mahal. Padahal Si A belum pernah makan di restoranyang mahal.

7. Label Mania Snob

Si A berkepribadian gila merk. Sepatu, baju, arlojo, dan lain-lain merk terkenal. Tapi Si A tidak tahu kalau barang yang dibelinya barang imitasi.

8. Gift Gripes Snob:

Ketika Si A ulang tahun, maka dia menerima banyak kado. Menurut dia, semakin mahal harga kadonya, maka dia menganggap pemberi kado itu adalah teman baiknya.

9. Supermarket Snobbing Snob

Ketika Si A berbelanja di Supermarket, dia melihat ada orang membeli kangkung. Maka Si A menganggap si pembeli kangkung itu orang kampung atau orang miskin.

10. Pet Peeves Snob

Memelihara binatang piaraan yang mahal-mahal. Padahal, untuk membelikan makanannya saja Si A utang kesana-kemari.

11.Knowing All Snob.

Ini yang paling banyak di Indonesia. Yaitu sikap yang sok tahu dan sok mengerti segala-galanya, padahal latar belakang pendidikannya atau pengalaman kerjanya atau pengalaman hidupnya tak mendukung. Misalnya, Si A itu profesor di bidang kedokteran. Tapi dia sok tahu tentang ilmu ekonomi, sok tahu tentang ilmu hukum, sok tahu tentang ilmu logika, dan lain-lain.

Kesimpulan:

Sikap snob atau sok adalah pendapat atau sikap yang bertentangan dengan kenyataan yang sebenarnya.

Saran:

Sebaiknya kita bicara hanya untuk hal-hal yang benar-benar kita tahu, walaupun itu cuma sedikit. Misalnya, SBY bukan sarjana ekonomi, tetapi membuat disertasi gelar Doktor tentang Ekonomi Pertanian. Tidak apa-apa. Sebaliknya, kalau kita tidak mengerti, kita wajib bertanya kepada orang yang mengerti.

Nah, Anda termasuk Snob atau tidak?

Sumber : Dari berbagai artikel psikologi

Hariyanto Imadha

Penulis Kritik Pencerahan

Sejak 1973

Iklan

Responses

  1. Tapi skrngkan jaman edan sob. Yang namanya edan, ya bisa jglah di masukan orang2 sok td. Benarkan sob?????????

  2. TerimaKasih

  3. Cacat parah. Yg nulis gak jernih ya nih

  4. isi blog anda isinya dominan negatif, skeptis dan sinis, awalnya saya pikir anda orang berpendidikan yang bijak, ternyata emosi anda sepertinya masih labil, mengecewakan

  5. yapp bener banget tuh!! gw pling sebel kalo liat cwek yg sok kaya banget padahal gak kaya.. kalo ke sekolah tuh pake barang2 yg merk terkenal tapi kelas bwah 😀 trus sok banget klo ke sekolah tuh bwa duit banyak pdahal tu duit buat duit sebulan..wkwkwk gw sih kasihan banget sama org kayak gitu.. trus dia pamer mau beli sepatu merk nike,,,gilaa masaa spatu keren gitu harganya 100rb,,hahaha… padahal wktu di bandung,,yg eceran aja 350 rb,,klo yg grosir 500rb.. gileeeee

  6. keren sob tulisannya, pengetahuan baru nih.. thanks..

  7. Contoh 5: Penulis blog ini dengan kajian konten yang seadanya.

  8. lumayan bisa tambah pengalaman

  9. Koreksi: arlojo = arloji


Semua komentar otomatis akan dihapus

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: